Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Para Komandan Rayon Militer (Danramil) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Jajaran Kodim 1610/Klungkung mengikuti Polymerase Chain Reaction (PCR) atau tes Swab bertempat di aula Makodim 1610/Klungkung, Senin (2/11/2020). Tes dilakukan oleh petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung beserta tim kesehatan Puskesmas I Gelgel yang dipimpin oleh Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung, dr. Sentanu.

Kegiatan ini dilakukan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Klungkung khususnya di jajaran TNI, Polri dan ASN. Khusus untuk anggota Babinsa Jajaran Kodim 1610/Klungkung kegiatan ini melibatkan sebanyak 63 personel.

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

Dandim 1610/Klungkung, Letkol Czi Paulus Joni Simbolon yang juga selaku Dansubsatgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Klungkung menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program pemerintah dimana ASN dan TNI-Polri yang terlibat langsung ataupun tidak langsung dalam kegiatan penanganan pemutusan penyebaran Covid-19 harus mengikuti tes Swab secara masif. Para Danramil dan Babinsa kerap melakukan kontak erat atau berinteraksi dengan warga sekitar yang terpapar Covid-19 sehingga sangat besar kemungkinan juga ikut terpapar.

“Kami berupaya melaksanakan tes Swab terhadap Danramil dan Babinsa secara masif, dengan harapan akan diketahui secara dini tentang kondisi kesehatan mereka yang bekerja di lapangan,” jelas Dandim.

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

Pelaksanaan tes Swab tersebut dilakukan secara bertahap dan selanjutnya akan diikuti personel Makodim 1610/Klungkung pada periode berikutnya.

“Nantinya dalam melaksanakan tugasnya aparat komando kewilayahan akan lebih percaya diri dan menambah keyakinan saat bertugas di lapangan. Lebih pentingnya lagi dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 yaitu dengan melaksanakan protokoler kesehatan yang benar dan bertanggung jawab,” tegas Dandim.

Hasil dari tes Swab ini akan diketahui dalam 3 hari ke depan, setelah diuji di laboratorium. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News