Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Komisi I DPRD Kota Palopo Sulawesi Selatan yang terdiri dari Ketua Komisi Efendi Sarapang, Sekretaris Komisi Muhammad Mahdi, dan Anggota Komisi I, Aris  Munandar, melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Denpasar, Jumat (16/10/2020).

Kadatangan rombongan Komisi I DPRD Kota Palopo diterima Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, Dewa Gede Rai di Kantor Walikota.

Ketua Komisi I DPRD Kota Palopo Efendi Sarapang menyampaikan tujuan dari kunjungan kerja ini adalah untuk mengetahui managemen dan strategi pengelolaan Humas dengan mitra yakni Media Massa.

Menurutnya Pemkot Palopo mengalokasikan dana sebesar Rp1,6 miliar dalam mengelola Kehumasan termasuk salah satunya stasiun Televisi lokal milik Pemkot Palopo.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar dan Pemkab Gianyar Sepakati Kerja Sama Pembangunan Antar Daerah

Efendy Sarapang juga melihat media di Bali, khususnya Kota Denpasar sudah lebih profesional dalam menempatkan antara kritik dan informasi. Media yang bermitra dengan pemerintah tetap bisa menyampaikan kritik dengan proporsional.

“Kami anggap peran media di Denpasar dalam menyampaikan berita sudah bisa bersifat obyektif,” jelasnya.

Sedangkan anggota Komisi I DPRD Kota Palopo Aris Munandar menyatakan media di tempatnya masih kurang kritis terhadap kebijakan Pemkot. Mereka tidak berani mengkritik karena masih ada kerjasama dengan pemerintah.

Di sisi lain Sekretaris Komisi I Komisi I DPRD Kota Palopo Muhammad Mahdi mengatakan, salah satu cara untuk meningkatkan wawasan jurnalis adalah dengan melakukan studi banding.

Baca Juga :  Diikuti 38 Peserta, Lomba Ogoh-Ogoh Mini Kasanga Fest Bertabur Kreativitas

“Hal ini penting untuk meningkatkan pengetahuan wartawan, sehingga bisa menambah wawasan,” tandasnya.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar Dewa Gede Rai mengatakan media massa adalah mitra kerja atau saluran yang dipakai selama ini  untuk menyampaikan pesan dan informasi kegiatan pimpinan serta  pencapaian terhadap hasil pembangunan.

“Kritik dari media juga tetap kita tampung untuk bahan evaluasi. Kita tidak anti kritik. Ini semacam vitamin bagi kami untuk berbuat yang terbaik untuk masyarakat,” ucapnya.

Terkait mitra kerjasama dengan media di Denpasar selama berjalan dengan baik. “Kami termasuk pimpinan sering diskusi dengan wartawan maupun pimpinan media. Dalam hal kami sifatnya tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga menerima informasi dari rekan rekan wartawan termasuk kritik sekalipun,” kata mantan Kabid KIP Diskominfo Kota Denpasar.

Baca Juga :  Pembukaan Sidang Paripurna DPRD Kota Denpasar, Wawali Arya Wibawa Sampaikan Usulan 3 Ranperda

Dewa Rai juga menjelaskan, Bagian Humas dan Protokol juga dilibatkan dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar. Setiap hari update perkembangan kasus Covid 19 diinformasikan kepada masyarakat.

“Jangan lagi ada stigma negatif berkembang di masyarakat, karena penyakit ini bukan aib bagi keluarga, tetapi bagaimana kita bersama bisa saling memotivasi,” imbuhnya.(humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News