Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Tiga bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) memperoleh penghargaan prestisius Airport Service Quality (ASQ) Awards dari Airports Council International (ACI) yang berbasis di Montreal, Kanada.

Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan meraih 4 penghargaan untuk kategori bandara dengan trafik penumpang 5-15 juta orang per tahun, yaitu Best Airport by Size in Asia Pacific, Best Environment & Ambience by Size, Best Customer Service, dan Best Infrastructure & Facilitation.

Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali  meraih 3 penghargaan untuk kategori bandara dengan trafik 15-25 juta penumpang per tahun, yaitu Best Airport by Size in Asia Pacific, Best Customer Service, dan Best Infrastructure & Facilitation.

Lalu, Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar meraih 2 penghargaan pada kategori bandara dengan trafik 5-15 juta penumpang per tahun, yakni Best Airport by Size dan Best Infrastructure & Facilitation.

Baca Juga :  Tindak Lanjuti Perda Pungutan Wisatawan Asing, Dinas Pariwisata Bali Lakukan Pemantauan di DTW Uluwatu

“Penghargaan ini merupakan apresiasi dan pengakuan dunia internasional atas meningkatnya kinerja pelayanan di 3 bandara yang kami kelola ini,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi.

Ditambahkannya, “Manajemen mengucapkan terima kasih kepada insan Angkasa Pura I, khususnya di 3 bandara tersebut atas kerja kerasnya selama ini. Semoga penghargaan ini menjadi penyemangat bagi insan Angkasa Pura I di tengah masa pandemi ini,” ucapnya.

Ketiga bandara ini termasuk “langganan” mendapat penghargaan di ajang ASQ Awards. Seperti halnya Bandara I Gusti Ngurah Rai pada 2015 dan 2017 meraih Peringkat Ketiga Bandara Terbaik Dunia untuk kategori 15-25 juta penumpang per tahun. Tahun 2017 menyabet 3 penghargaan sekaligus, yaitu “Best Airport by Size and Region: Asia Pacific, 15-25 million passenger per year”, “1st place tie Best Airport by Size: 15-25 million passenger per year”, dan “2nd place tie Best Airport in Asia-Pacific (over 2 million passengers per year”.

ASQ merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara yang dilakukan oleh ACI. Pada ASQ Awards tahun ini terdapat 140 penghargaan yang dianugerahkan kepada 84 bandara, di mana jumlah ini merupakan jumlah pemenang terbanyak selama penyelenggaraan ASQ Awards. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News