Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNGBertepatan dengan Hari Raya Umanis Galungan, Kamis (17/9/2020) Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta melakukan penyerahan bantuan BKK Rp800 juta untuk Karya Ngenteg Linggih Pedudusan Alit Panca Sanak Medurga di Pura Dalem Penataran.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga melakukan serta serah terima Pembangunan Pura Dalem Kahyangan dan jalan wisata sepanjang 7 km yang masing-masing menghabiskan dana Rp7,5 miliar (untuk pura dalem Kahyangan) dan Rp14 miliar (untuk jalan wisata) bersumber dari APBD Kabupaten Badung, bertempat di Wantilan Pura Dalem Kahyangan Br. Adat Nyelati, Desa Kuwum Mengwi.

Dihadapan krama Br. Adat Nyelati, Bupati Giri Prasta menyampaikan komitmennya untuk menyempurnakan pembangunan jalan wisata dengan menghidupkan Pokdarwis. Demikian pula halnya dalam upaya mengoptimalkan fungsi pasar seni dan rest area yang ada di pinggir jalan Denpasar-Singaraja yang masuk wilayah Br. Adat Nyelati.

“Kita prioritaskan krama Banjar Adat Nyelati untuk mengelola dan membangun usaha dilingkungan jalan wisata maupun di pasar seni dan rest area jalan Denpasar-Singaraja. Ini wujud keberpihakan kita untuk menjadikan masyarakat Nyelati menjadi tuan di rumah sendiri,” tegasnya.

Baca Juga :  Safari Ramadhan APJII Bali Nusra, Mempererat Silaturahmi dan Peduli pada Sesama

Bupati juga merasa sangat bangga atas rasa tindih, jengah dan wirang masyarakat Nyelati yang tidak menuntut biaya ganti rugi seperpun atas pembebasan lahan warga untuk digunakan menjadi jalan wisata tersebut.

“Selaku pimpinan kami sangat bangga atas rasa tindih, jengah dan wirang Krama Br. Adat Nyelati dalam membangun jalan wisata. Sebagai wujud satya wecana kami atas permohonan masyarakat Br. Adat Nyelati, hari ini kami melakukan serah terima pasca rampungnya pembangunan menyeluruh Pura Dalem Kahyangan dan pembangunan jalan wisata sepanjang 7 km yang menghabiskan dana masing-masing Rp7,5 miliar untuk Pura Dalem dan Rp14 miliar untuk jalan wisata, yang semuanya bersumber dari APBD Kabupaten Badung,” imbuhnya.

Lebih lanjut Giri Prasta mengatakan akan mensuport penuh keinginan masyarakat Br. Adat Nyelati dalam memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari. “Berkenaan dengan keinginan warga Nyelati untuk membeli lahan sumber air yang selama ini sudah memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari warga, yang lokasinya terletak di wilayah Tabanan, tentu kita akan bantu sepenuhnya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Bupati Giri Prasta yang didampingi oleh anggota DPRD Kabupaten Badung sekaligus Bendesa adat Kuwum Nyelati Wayan Regep dan Camat Mengwi Nyoman Suhartana, melakukan penanaman pohon Ancak dan pohon Beringin di lingkungan Pura Dalem Kahyangan Br. Adat Nyelati. Serta meninjau sungai yang menjadi hulu Subak Gede Asta Buana Cangi yang memiliki luas wilayah 827 hektar. Sebagai bentuk dukungan dalam meningkatkan hasil produksi pertanian masyarakat, dihadapan Krama subak Bupati Giri Prasta menyampaikan komitmennya untuk menata saluran irigasi yang ada diwilayah subak tersebut dengan menggunakan beton precast.

Baca Juga :  Semarak Bohemia Fashion Week di Canggu, Tampilkan Pesona Budaya dan Fesyen

“Sungai yang menjadi hulu Subak Gede Asta Buana Cangi harus kita jaga kelestariannya, kedepan kita akan mengajak krama subak untuk menanam pohon Pule, pohon  Kepah/Kepuh dan bambu untuk menjaga sumber mata air. Demikian pula saluran irigasi dan terowongan akan kita tata dengan menggunakan beton precast, untuk mencegah kebocoran sehingga air bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh krama subak,” ucapnya.

Sementara itu Kelian Adat Br. Nyelati Gusti Bagus Kusuma Jaya menyampaikan terima kasih atas bantuan jalan Pokdarwis, pembangunan pura dalem kahyangan dan bantuan dana BKK sebesar Rp800 juta untuk membantu pelaksanaan Karya Ngenteg Linggih Pedudusan Alit Panca Sanak Medurga di Pura Dalem Penataran, yang semuanya bersumber dari APBD Kabupaten Badung.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati atas segala bantuan yang diberikan kepada masyarakat Br. Adat Nyelati, beliau pemimpin yang selalu dekat bersama masyarakat,” ucapnya.(humas-bdg/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News