Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENGBupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Buleleng berencana mengubah skema penanganan pasien Covid-19. Utamanya pada pasien yang tidak ada gejala.

“Sejak diterapkannya isolasi mandiri terhadap pasien Covid-19 yang tidak bergejala, ada kelonggaran sehingga terjadi peningkatan klaster penularan. Saya juga telah membicarakan ini kepada GTPP Covid-19 Provinsi Bali,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (18/9/2020).

Penerapan skema isolasi mandiri ini diberlakukan untuk pasien terkonfirmasi Covid-19 yang tidak bergejala (asimtomatik) serta pasien dengan gejala ringan (simtomatik). Hal ini telah dibahas bersama dengan GTPP Covid-19 Provinsi Bali. Namun, GTPP Covid-19 Provinsi juga tengah melihat aturan terbaru dari Satgas pusat.

“Karena apapun yang sifatnya penganggaran muaranya pasti ke aturan hukum yang berlaku. Sehingga kami belum bisa bertindak sebelum ada keputusan dari pusat,” jelas Agus Suradnyana.

Baca Juga :  WNA Rusia Pembuat Resah Masyarakat Dideportasi

Sebelumnya, lanjut Agus Suradnyana penanganan Covid-19 di Buleleng sudah sangat ketat. Sehingga kasus terkonfirmasi Covid-19 terus mengalami penurunan. Bahkan hampir mencapai titik nol. Karena skema isolasi mandiri terhadap pasien terkonfirmasi Covid-19 ditentukan oleh Satgas Pusat, akhirnya seluruh wilayah menerapkan hal tersebut. Namun yang bisa ditekankan oleh Tim GTPP Covid-19 Buleleng saat ini hanya pemakaian masker dan pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan di masyarakat yang menimbulkan keramaian.

“Kami terus menekankan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan harus lebih ditingkatkan lagi,” ucapnya.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

Selain itu, mantan anggota DPRD Provinsi Bali ini ingin menerapkan kembali skema isolasi yang dilakukan di hotel atau tempat khusus. Namun hal tersebut belum mendapat keputusan dari pusat. Karena kembali lagi dijelaskan bahwa semua kebijakan yang membutuhkan penganggaran harus ada keputusan dari pusat. Menurutnya, hal sederhana yang dapat dilakukan saat ini untuk menghindari paparan Covid-19 yakni tetap memakai masker ketika melakukan kegiatan, jaga jarak satu sama lainnya.

“Ingat juga rajin berolahraga, atur pola hidup yang bersih dan sehat, itu saja sangat sederhana,” pungkas Agus Suradnyana. (rma/humas-bllng/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News