Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Upaya penanganan Covid-19 di Buleleng terus dilakukan. Kali ini, Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 di Buleleng mulai membuat pos pantau di pintu-pintu masuk dua pasar besar di Kota Singaraja guna mencegah penularan terjadi di pasar.

Baca Juga :  Pj Bupati Lihadnyana Optimis Pembudidayaan Ikan Bandeng Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Buleleng

Demikian diungkapkan Sekretaris GTPP Covid-19 Buleleng yang juga Sekda Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd saat ditemui usai memimpin rapat persiapan penguraian pasar, Kamis (2/7/2020).

Gede Suyasa menjelaskan Pasar Anyar dan Pasar Banyuasri akan menjadi pilot project penerapan protokol kesehatan di pasar. Salah satunya adalah dengan pos pantau untuk mengawasi jalannya protokol kesehatan tersebut. Di pintu masuk pasar ada pos pantau yang diisi oleh Satgas. Tempat cuci tangan pun harus disediakan di pintu masuk tersebut. Minimal satu pos pantau diisi dua petugas jaga. “Masuk pasar wajib cuci tangan terlebih dahulu, memakai masker dan menjaga jarak,” jelasnya.

Pasar Anyar juga akan ditata sedemikian rupa. Seperti penataan para pedagang ikan yang sebelumnya belum tertib. Para pedagang ikan akan ditempatkan di Jalan Sawo. Namun, jam bukanya adalah dari pukul 06.00 sampai dengan 10.00. Tercatat ada 42 pedagang yang akan dipindahkan ke Jalan Sawo tersebut.

“Tempatnya lebih lapang dan luas. Parkir yang sebelumnyadi Jalan Sawo dpindahkan ke sebelah barat Jalan Diponegoro,” ujar Gede Suyasa.

Gede Suyasa pun mengungkapkan untuk Pasar Banyuasri juga diberlakukan skema yang sama. Nantinya ada pos pantau disana untuk memastikan berjalannya protokol kesehatan. Pintu masuk dan keluar pun diatur sedemikian rupa sehingga tidak terjadi penumpukan di pintu masuk. “Sama dengan Pasar Anyar, Pasar Banyuasri juga akan ditata untuk penerapan protokol kesehatan. Termaasuk menertibkan jalur masuk dan jalur keluar,” ungkapnya.

Mantan Kepala Disdikpora Buleleng ini menambahkan Dirut PD Pasar berkewajiban untuk membentuk satuan tugas (satgas) di masing-masing unit pasar yang dikelolanya. Surat Edaran juga dibuat untuk semua pengelola pasar rakyat. Baik itu pasar yang dikelola desa adat maupun desa dinas. Semuanya dirancang untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Minggu depan kita akan evaluasi Pasar Seririt. akan ditata. Semua pasar akan disentuh,” tutup Gede Suyasa. (dra/humas-bllng/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News