Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Sebagai kelanjutan program PermataBankir Cilik 2019 dari PermataBank dan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2020, diluncurkan Komik Literasi Keuangan Bankir Cilik, komik literasi keuangan pertama di Indonesia yang ide ceritanya dibuat oleh anak-anak, Senin (27/7/2020).

Terciptanya komik literasi keuangan ini merupakan hasil dari workshop yang diterima peserta PermataBankir Cilik 2019 selama tiga bulan sampai Desember 2019.

PermataBankir Cilik adalah bagian dari inisiatif CSR PermataBank, yaitu PermataHati. Program ini merupakan edukasi literasi keuangan untuk pelajar SD dan setingkatnya yang bertujuan untuk menginspirasi generasi muda menjadi Duta Menabung. Sejak 2019, PermataBankir Cilik bekerjasama dengan PiBo, sebuah platform digital library, untuk mengembangkan modul literasi keuangan versi digital yang tak hanya dapat diakses oleh peserta PermataBankir Cilik, tetapi juga masyarakat luas sehingga lebih kekinian dan ramah digital, terutama di masa pandemi seperti sekarang.

Setelah melewati serangkaian kegiatan dan pembelajaran Modul Finansial (MoDal), baik offline maupun online, peserta diminta untuk berkreasi membuat cerita dan menggambar komik bertemakan pengelolaan uang yang ditujukan kepada teman-teman sebaya, dan terpilihlah lima cerita yang dikaryakan menjadi sebuah ilustrasi Komik Literasi Keuangan Bankir Cilik.

Baca Juga :  OJK Luncurkan Roadmap Pengembangan dan Penguatan Perusahaan Pembiayaan 2024-2028

“Kami menyambut baik upaya PermataBank dalam merangkul lebih luas anak-anak Indonesia untuk mendapatkan pendidikan mengenai keuangan dalam bentuk yang kreatif. Melalui komik ini diharapkan mereka akan lebih melek terhadap literasi keuangan sejak dini dan menjadi familiar dengan kesehariannya,” ujar Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Sarjito.

Head of Corporate Affairs PermataBank, Richele Maramis mengatakan bersyukur karena dalam keadaan masa pandemi yang serba terbatas ini, tidak mematahkan semangat peserta PermataBankir Cilik 2019 untuk menghasilkan karya yang dapat bermanfaat melalui Komik Literasi Keuangan Bankir Cilik ini. “Tahun ini juga pertama kalinya PermataHati bekerjasama dengan PiBo meluncurkan komik dalam platform digital untuk menjangkau lebih banyak lagi generasi muda bangsa dan dapat diakses dengan aman dan nyaman,” ungkapnya.

Baca Juga :  Produksi Lokal Mobil Listrik NETA Akan Dimulai Bulan Mei 2024 Mendatang

Aisha Habir, Co-Founder PiBo pun menyatakan dukungannya. “Gadget saat ini sudah seperti teman baik bagi anak-anak. Hal ini kami manfaatkan untuk ikut memperluas dampak positif dari PermataBankir Cilik, tak hanya ke sekolah binaan tetapi masyarakat luas. Dimana karya terbaik Duta Menabung ini telah kami rangkum sehingga dapat dinikmati oleh seluruh anak di Indonesia melalui Bacapibo.com,” jelasnya.

Terpilih 3 perwakilan sekolah, yaitu SDN Pela Mampang 08 Jakarta, SDN Pondok Kacang Barat 03 Tangerang Selatan dan SDN Pelita Bandung yang ide ceritanya diilustrasikan kembali oleh PiBO.

Baca Juga :  Dua Pebalap Astra Honda Siap Lanjutkan Kejayaan Indonesia di Asia Talent Cup 2024

PermataBankir Cilik 2019 melibatkan total 128 siswa dari 8 sekolah. Termasuk di antaranya siswa penyandang disabilitas terlibat dalam gelaran acara ke-5 di tahun ini. Melalui PermataBankir Cilik peserta tidak hanya memperoleh pengetahuan dasar keuangan, tetapi juga pendidikan pengembangan karakter untuk menanamkan jiwa kepimimpinan, kreativitas, serta kepercayaan diri. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News