Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melepas sebanyak 18 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Klungkung di lapangan GOR Swecapura, Gelgel, Senin (18/5/2020). Seluruh PMI tersebut sebelumnya menjalani masa karantina disalah satu tempat yang ditunjuk Pemkab Klungkung. Sebelum pulang, para PMI ini juga telah menjalani rapid test dan swab yang hasilnya dinyatakan negatif.

Bupati Suwirta mengucapkan selamat datang kepada para PMI. Karantina di hotel merupakan bentuk penghargaan Pemkab Klungkung kepada para PMI yang telah berjuang di luar negeri untuk mencari devisa sebagai wujud keikutsertaan dalam membangun daerah khususnya membangun keluarga masing-masing.

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

Walaupun telah melakukan karantina dan lolos rapid test, Bupati Suwirta tidak henti-hentinya menyarankan para PMI untuk tetap melakukan karantina mandiri di rumah minimal selama 14 hari. Hal ini berkaca pada kejadian di lapangan, dimana Covid-19 yang mengalami evolusi dan berkembang pada hari ke-18, bahkan pada hari ke-20 dan 30. Setelah sampai di keluarga dan di lingkungan masing-masing agar segera melapor ke Posko Gotong Royong Penanganan Covid-19 yang ada di desa.

“Jadilah contoh yang baik dalam memutus penyebaran Covid-19 kepada masyarakat. Jangan ngumpul-ngumpul dan berpesta di tengah pandemi Covid-19 ini. Lebih baik uang yang dimiliki disimpan untuk bertahan hidup selama pandemi ini, dan hal yang paling penting sikap “metilesang raga” selalu dijaga dengan cara tidak menyombongkan diri sendiri,” harap Bupati Suwirta saat memberikan arahan kepada para PMI.

Baca Juga :  DPRD Bali Rekomendasikan Langkah Strategis untuk Kemajuan Bali

Sementara itu salah seorang PMI, Kadek Febri Andikayasa asal Desa Batumadeg, Nusa Penida mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Bupati berserta jajarannya, karena telah memfasilitasi kepulangan para PMI, mulai dari penjemputan di bandara hingga memberikan tempat karantina yang layak, serta dapat kembali ke keluarga masing-masing.

Pelepasan PMI ini turut dihadiri Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klungkung I Putu Widiada dan Kepala Dinas Kesehatan dr Made Adi Swapatni. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News