Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Covid -19 berdampak diberbagai sektor kehidupan masyarakat. Antisipasi ini telah dilakukan Pemkot Denpasar melalui langkah antisipasi dan sosialisasi di masyarakat telah dilakukan menyeluruh.

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Denpasar dikoordinir Sekda Kota Denpasar, A.AN Rai Iswara selaku pelaksana harian melakukan teleconfarance, Senin (6/4/2020) dengan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali, Trisno Nugroho, hingga dengan pimpinan Bulog Bali, dalam pembahasan inflasi daerah pada pencegahan covid-19 ini.

Menurut Sekda Rai Iswara yang di dampingi Asisten I Made Toya dan Asisten III IGN Edy Mulya bahwa Pemkot Denpasar sudah melakukan langkah antisipasi bersama dan mengharapkan keterlibatan seluruh stakeholder yang ada berkaitan dengan penguatan lumbung pangan yang akan segera digerakan Pemkot Denpasar.

Lumbung pangan ini sebagai program Walikota Rai Mantra dan Wakil Walikota Jaya Negara untuk membantu masyarakat yang terdampak akibat Covid-19. Program ini nantinya mampu menguatkan bersama langkah-langkah kedepan dalam membantu masyarakat secara ekonomi dan sosial yang terdampak akibat penyebaran wabah Covid-19.

Baca Juga :  Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat, Pemkot Rutin Gelar Safari Kesehatan Sasar Banjar-Banjar

Program lumbung pangan ini meliputi pemberiaan kebutuhan pokok kepada masyarakat dengan alur pemberian bantuan dilakukan secara langsung ke rumah rumah masyarakat melibatkan tim dari Dinas Sosial Kota Denpasar.

Program ini diberikan kepada 3.058 orang yang meliputi keluarga penerima manfaat, lansia, disabilitas, PHK sektor formal, pekerja harian termasuk sektor informal, hingga masyarakat sudah positif Covid-19.

Keluarga pasien yang status positif Covid-19 diberikan karena keluarga bersangkutan wajib isolasi diri di rumah dan membatasi mereka untuk bisa keluar rumah yang dipantau petugas Dinas Kesehatan Denpasar dengan alur yang disusun lumbung pangan seperti konsep simulasi yakni pembatasan sosial, bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah hingga jauhi keramaian.

“Kami berharap membangun bersama kemiteraan dari berbagai komponen hingga dunia usaha untuk mendukung lumbung pangan, disamping program-program lainnya dari Pemkot Denpasar seperti merancang program serupa kartu pra kerja yang menjadi stimulus Pemkot yang disebut dengan kartu kerja Sewaka Dharma,” ujarnya

Sementara Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali, Trisno Nugroho mengatakan Denpasar memiliki program strategis dalam penanganan corona. “Semoga tim satgas dan program dapat berjalan seirama dan saling bantu membantu bersama tim pencegahan di Denpasar maupun di Bali dengan komando Bapak Walikota Denpasar dan Gubernur Bali semoga bisa terus mengurangi dampak penyebaran virus corona,” ujarnya. (pur/humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News