Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNGPemerintah Kabupaten Badung menyerahkan bantuan bahan pangan atau sembako tahap I yang didistribusikan secara serentak di 10 titik pendistribusian, Minggu (26/4/2020).

Baca Juga :  Sambut Hari Raya Nyepi, Bandara I Gusti Ngurah Rai Hentikan Sementara Operasional

Bantuan diberikan kepada 3.819 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdiri dari Rumah Tangga Sasaran (RTS), penyandang disabilitas dan warga terdampak langsung wabah virus corona atau Covid-19.

Sebanyak 3.819 paket sembako disiapkan oleh Dinas Sosial bersinergi dengan Perumda Pasar Mangu Giri Sedana Kabupaten Badung untuk pendistribusian ke enam kecamatan. Adapun perinciannya sebagai berikut, yakni Kecamatan Abiansemal sebanyak 1.097 paket, Kecamatan Kuta sebanyak 103 paket, Kecamatan Kuta Selatan sebanyak 343 paket, Kecamatan Kuta Utara sebanyak 279 paket, Kecamatan Mengwi sebanyak 1.430 paket, dan Kecamatan Petang sebanyak 567 paket.

Pembagian sembako tahap I tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Desa Adat Munggu, Kecamatan Mengwi. Pada kesempatan tersebut didampingi Kepala Dinas Sosial I Ketut Sudarsana.

Sementara di tempat lain, pembagian sembako juga dilakukan serentak. Misalnya di Kantor Kelurahan Kuta, Kecamatan Kuta, yang dilakukan oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perindustrian Badung Made Widiana. Kemudian, di Wantilan Desa Adat Sedang, Kecamatan Abiansemal, dilakukan langsung oleh Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa.

Bupati Giri Prasta mengatakan, bantuan sembako ditujukan untuk membantu warga yang ekonominya terdampak kondisi darurat pandemi Covid-19. Artinya warga yang masuk daftar penerima manfaat sembako merupakan data baru hasil pendataan perangkat desa terbawah yang ditetapkan dalam musyawarah desa dan musyawarah kelurahan (termiskin dan disabilitas), tidak mengacu data Kemensos.

“Kami selaku kepala daerah sudah mulai merealisasikan program-program strategis bagi masyarakat yang ekonominya sangat rentan terdampak oleh pandemi Covid-19. Hari ini kita bagikan paket sembako untuk warga masyarakat yang terdata sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) oleh Dinas Sosial Kabupaten Badung,” katanya.

Lebih lanjut Giri Prasta mengatakan penyaluran sembako oleh Pemkab Badung, langsung ke rumah penerima untuk menghindari terjadi kerumunan masyarakat yang akan menerima bantuan tersebut. Hal ini sesuai dengan himbauan pemerintah pusat agar menghindari kerumunan orang dan tetap jaga jarak.

“Astungkara pembagian sembako tahap I secara serentak di 6 kecamatan pada hari ini berjalan lancar, aman dan sukses. Masyarakat jangan lupa jaga kesehatan, kebersihan dan biasakan cuci tangan dengan sabun maupun menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah,” ujarnya.

Bupati Giri Prasta juga menghimbau warga Badung untuk tetap tenang dalam menyikapi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini. Karena Pemkab Badung selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada masyarakat pada situasi dan kondisi seperti saat ini. Dengan tetap mengacu pada regulasi dan peraturan yang berlaku.

Bantuan paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat berupa beras 25 kg, telor 1 kerat, ayam frozen 1 kg, minyak goreng 2 liter, mie instan 30 bungkus dan sayur satu paket. Sehingga bila ditotal secara keseluruhan bantuan tersebut senilai Rp 500 ribu.

Baca Juga :  Semarak Bohemia Fashion Week di Canggu, Tampilkan Pesona Budaya dan Fesyen

Disamping ditiga tempat diatas, titik distribusi lainnya diantaranya di LPD Desa Adat Pelaga, Kecamatan Petang penyerahannya langsung dipimpin Kepala Dinas Pertanian dan Pangan I Wayan Wijana. Di Wantilan Desa Adat Punggul, Kecamatan Abiansemal, penyerahan dilakukan oleh Kepala Satpol PP IGAK Suryanegara. Berikutnya di Wantilan Desa Sibang Kaja, Kecamatan Abiansemal, diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Perikanan Nyoman Suardana. Kemudian, di Wantilan Pura Prajapati Desa Gulingan, Kecamatan Mengwi, penyerahan bantuan sembako dilakukan oleh Kepala BPBD Badung Bagus Nyoman Wiranata.

Selanjutnya bantuan paket sembako juga dilakukan di Wantilan Desa Adat Kapal, yang dilakukan langsung oleh Kepala Dinas PMD Badung Komang Budhi Argawa. Di Wantilan Pura Dalem Desa Adat Dalung, Kecamatan Kuta Utara, diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Ni Wayan Kristiani. Dan terakhir di Wantilan Banjar Taman Grya, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, dilakukan langsung oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Badung, I Nyoman Suendi.(humas-bdg/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News