Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Empat orang pasien positif Corona asal Kabupaten Jembrana kondisinya terus membaik. Pemkab Jembrana masih menunggu hasil test swab berikutnya untuk menentukan keempatnya.

Hal itu diungkapkan Direktur RSU Negara dr. I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata berdasarkan pemantauan terkini yang dilakukan pihaknya. “Kondisinya terus membaik tanpa gejala. Sampai saat ini pihak RSU masih merawat di ruang isolasi,” kata Oka Parwata, dihubungi Kamis (9/4/2020).

Untuk menentukan status keempat pasien tersebut, Oka Parwata mengatakan masih harus menunggu hasil test swab sebagai metode paling akurat untuk mendeteksi.

“Kemarin, Rabu (8/4/2020) sudah diambil sampel swab tenggorokan. Kami masih menunggu hasilnya. Apabila negatif, maka pasien bisa dinyatakan sembuh,” terang Oka Parwata.

Baca Juga :  Pastikan THR dan Gaji Ke-13 Cair 100 Persen, Bupati Tamba Ajak Pegawai Kerja Keras

Lebih lanjut dikatakan Oka Parwata, pihak RSU terus melakukan berbagai kesiapan menghadapi Covid-19 di Jembrana. Untuk tenaga medis yang berhadapan langsung dengan pasien positif, juga telah menempati hotel Jimbarwana yang disiapkan Pemkab sebagai tempat beristirahat atau wisma sementara tenaga medis.

Direktur RSU Negara dr. I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata.

“Sejak tanggal 5 April lalu, mereka sudah ditempatkan di Hotel Jimbarwana. Ada perawat, dokter ahli, termasuk tenaga cleaning service yang khusus membersihkan ruang isolasi. Tujuannya, agar mereka fokus bekerja dan mengurangi kontak dengan orang lain selama bertugas,” paparnya.

Baca Juga :  Rapat Paripurna DPRD Jembrana, Bupati Tamba Tanggapi Catatan Dewan

Sedangkan untuk ruang IGD dan IRJ, juga sudah melayani warga ODP maupun PDP rapid test. “Bila hasil rapid tesnya positif, kami langsung lakukan pemeriksaan swab,” kata Parwata.

Sementara data perkembangan ODP di Jembrana, secara kumulatif jumlahnya meningkat. Peningkatan itu hasil penelusuran lebih luas secara intens yang dilakukan jajaran gugus penanganan Covid-19 Jembrana bersama tim surveilans. Data per hari ini, Kamis (9/4/2020) pukul 14.00 Wita jumlah ODP menjadi 119 orang,  meningkat 11 orang dari sebelumnya.

Tambahan sebelas orang ini, dikatakan Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana, dr. I Gusti Agung Putu Arisantha hasil pemantauan petugas dilapangan, terhadap para pelaku perjalanan dan orang-orang yang baru datang dari wilayah terjangkit di Indonesia.

Baca Juga :  Bupati Tamba Buka Musrenbang Penyusunan RKPD Tahun 2025

“Tambahan ODP ini semuanya domestik. Ada yang datang dari Jawa dan juga baru pulang dari Denpasar,” kata Arisantha.

Dalam proses surveilans itu, pihaknya rutin melakukan pengecekan kondisi kesehatan warga ODP. Termasuk riwayat atau jejak bepergian dalam dua minggu terakhir.

“Kami apresiasi peran masyarakat yang banyak membantu kegiatan surveilans, dengan memberikan laporan warga yang baru datang. Peran Satgas Gotong Royong ditingkat desa juga cukup penting, membantu sosialisasi dan pencegahan penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (agg/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News