BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho resmi membuka Pekan QRIS Nasional 2020 di Level 21 Mall Denpasar, Rabu (11/3/2020) bersama hampir seluruh pimpinan bank BUMN, swasta dan stakeholder terkait.

Pekan QRIS Nasional serentak diselenggarakan di 46 Kantor Perwakilan Bank Indonesia sejak tanggal 9-15 Maret 2020 untuk memperluas dan meningkatkan penggunaan QRIS.

Trisno mengatakan, Sejak QRIS diluncurkan 17 Agsutus 2019 lalu, berbagai kemajuan cukup pesat dicapai. Hingga akhir Februari jumlah merchant QRIS di Bali mencapai lebih dari 65 ribu merchant, meningkat sebesar 5% dalam periode satu bulan.

“QRIS secara nasional wajib diimplementasikan per 1 Januari 2020,” jelasnya.

Dengan QRIS, merchant termasuk pelaku usaha UMKM dapat menerima pembayaran dari aplikasi penyelenggara manapun, baik dari bank atau non-bank, bahkan dapat menerima pembayaran dari turis mancanegara hanya dengan 1 macam QR Code.

Dijelaskan, salah satu keunggulan QRIS adalah antaraplikasi pemain, baik bank ataupun non-bank sudah saling terhubung dengan mudah. Sehingga mendorong kemajuan segala sektor dari mulai sektor UMKM termasuk koperasi hingga sektor pariwisata.

Baca Juga :  Bertemu Wamen Kemen LHK, Gubernur Koster Paparkan Kebijakan Lingkungan dan Kehutanan Bali

“Sejak QRIS diluncurkan, sampai saat ini terdapat 28 penyelenggara yang mendapatkan izin dan persetujuan dari BI. Bahkan masih banyak yang antri untuk menyelenggarakannya,” tutup Trisno.(tis/bpn)