Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Setelah sebelumnya dilaksanakan penebaran bibit ikan lele sebanyak 28.000 ekor sekitar dua bulan lalu, kini sentra budidaya ikan Lele yang menggunakan metode bioflok di kawasan Tukad Bindu, Kota Denpasar telah memasuki masa panen.

Panen perdana Ikan Lele ini dipimpin langsung Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Pendamping Bantuan Bioflok Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Khairul Anwar, Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar AA Gde Bayu Bramasta bersama stakeholder terkait di Sentra Budidaya Ikan Lele Bioflok di Kawasan Tukad Bindu, Selasa (4/2/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut Pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar, Pimpinan dan Pemilik Budidaya Ikan di Kota Denpasar. Serangkaian kegiatan tersebut turut dilaksanakan sosialisasi Gemar Makan Ikan kepada siswa SDN 9 Kesiman, serta pameran produk olahan ikan Lele. Seperti bakso lele, nuget lele, kripik lele dan lainya.

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Kabag Humas dan Protokol Dewa Gede Rai dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa budidaya lele dengan sistem bioflok merupakan jawaban atas tantangan kemajuan saat ini. Dimana, dengan sistem ini memberikan kemudahan lantaran tidak menghasilkan limbah dalam prosesnya.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Salurkan Bantuan Sembako Kepada Orang Dengan Skizofrenia

“Tentu budidaya ikan lele dengan sistem bioflok ini merupakan percontohan dan sudah diapresiasi oleh Kementerian, tentunya keberhasilan ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan pasar ditengah pesatnya kemajuan zaman saat ini, apalagi dari seluruh bibit yang ditebar, peluang kematian hanya 5 persen dan ini sangat produktif,” kata Rai Mantra.

Ketua Kelompok Budidaya Ikan Lele Bioflok Yayasan Tukad Bindu, IB Putra Surianta menjelaskan bahwa program budidaya ikan lele dengan sistem bioflok ini merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Sedikitnya terdapat delapan kolam dengan fasilitas lengkap dengan daya tampung mencapai 3.500 bibit dalam satu kolam.

Baca Juga :  Resmikan Toko Ke-2 di Teuku Umar Bali, Electronic City Hadirkan Suasana Belanja yang Lengkap dan Terpercaya

“Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya budidaya ikan lele di kawasan Tukad Bindu ini, tentu kedepanya kami berharap dapat terus mengembangkan budidaya ini secara berkelanjutan di kawasan Tukad Bindu,’ paparnya.

Sementara itu, Pendamping Bantuan Bioflok Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Khairul Anwar mengapresiasi suksesnya budidaya sistem bioflok di kawasan Tukad Bindu ini. Tentunya secara berkelanjutan keberhasilan ini akan menjadi contoh bagi seluruh petani ikan, khususnya lele air tawar.

“Kami melihat lokasinya juga mendukung, dan keberhasilan ini juga menjadi keberhasilan bersama dan menjadi kebanggan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI lantaran sukses memberdayakan masyarakat dalam mengembangkan sentra budidaya ikan lele dengan sistem bioflok yang mampu meminimalisir limbah,” paparnya. (humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News