Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan Kota Denpasar, tak hanya datang dari inovasi pemerintahan, kali ini penghargaan nasional turut diraih lima sekolah di Kota Denpasar. Yakni SMP Negeri 8 Denpasar dan SD Negeri 1 Renon yang meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri. Dan SDN 7 Dauh Puri, SMP Widya Sakti serta SMP PGRI 2 Denpasar yang sukses meraih penghargaan Adiwiyata Nasional.

Penghargaan yang diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Siti Nurbaya ini diterima perwakilan masing masing sekolah di Gedung Manggala Wanabakti, Kementrian LHK RI, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Kadis LHK Kota Denpasar I Ketut Wisada, serta Kepala Sekolah serta Perwakilan Sekolah penerima penghargaan.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri LHK RI, Siti Nurbaya mengatakan pentingnya pendidikan lingkungan bagi siswa. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sering mengingatkan mengenai bonus demografi di Indonesia di masa depan. Bonus demografi tersebut harus diiringi dengan penanaman nilai-niali muatan cinta lingkungan.

Baca Juga :  Prakiraan Musim Kemarau Provinsi Bali Tahun 2024

Lebih lanjut, Siti Nurbaya berharap penghargaan Adiwiyata yang sudah digelar selama 13 tahun dapat memberi dampak positif bagi lingkungan di Indonesia. Pihaknya berkeinginan melalui penghargaan ini akan memotivasi semua pihak untuk lebih peduli kepada lingkungan.

“Diharapkan dengan menjadi gerakan akan terjadi akselerasi percepatan-percepatan dalam mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup melalui penerapan perilaku ramah lingkungan oleh warga sekolah. Serta meningkatkan kualitas hidup di lingkungan sekolah, lingkungan sekitar dan daerah secara menyeluruh,” tuturnya.

“Sampai dengan hari ini dari sekitar 250 ribu sekolah di seluruh indonesia yang telah meraih penghargaan Adiwiyata Nasional dan. Adiwiyata mandiri sebanyak 4.305 sekolah Program ini telah berhasil mendorong adanya peningkatan kepada perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah. Dalam kurun waktu 2006-2019 sekolah Adiwiyata telah memberikan kontribusi berupa pengurangan timbunan sampah melalui kegiatan di sekolah dalam mengelolah sampah dengan tiga R. Reduce, Reuse dan Recycle sebanyak 38.745 ton per tahun,” tuturnya.

Sementara, Kepala SMP PGRI 2 Denpasar, Wenten Aryasuda mengaku bangga dapat meraih penghargaan nasional di bidang lingkungan ini. Tentunya hal ini tak lepas dari komitmen bersama, utamanya Pemerintah Kota Denpasar untuk memberikan edukasi peduli lingkungan sejak dini.

“Kami sangat bersyukur, dan tentunya hal ini tidak selesai sampai disini, melainkan bagimana mengaplikasikan secara berkelanjutan untuk ikut aktif dalam kepedulian terhadap lingkungan,” ujarnya.

Kadis DLHK Kota Denpasar, I Ketut Wisada mengatakan bahwa penghargaan ini hendaknya menjadi cambuk untuk selalu berusaha optimal dalam menjaga lingkungan. Selain itu, capaian ini juga hendaknya menjadi contoh bersama untuk mengenalkan dan menggugah kepedulian lingkungan sejak dini. Sehingga kedepanya generasi muda  dapat tumbuh dengan karakter dan kepedulian yang besar terhadap lingkungan.

Baca Juga :  Ukir Sejarah! Gerindra Bali Berhasil Raih Dua Kursi di Daerah Pemilihan Denpasar 

“Bapak Walikota dan Wakil Walikota Denpasar sangat berkomitmen untuk meningkatkan kepedulian lingkungan, tentunya hal tersebut harus dilaksanakan dengan sinergitas lintas sektor, salah satunya dengan edukasi dini kepedulian lingkungan yang dapat dilaksanakan di sekolah melalui program adiwiyata ini, sekali lagi selamat atas penghargaan yang diraih, semoga dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan menjadi contoh bagi sekolah lainya di Kota Denpasar dan bali pada umumnya,” paparnya. (ags/humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News