Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Guna mendorong keberhasilan penguatan karakter siswa di sekolah  melalui gerakan pramuka, Gugus Depan (Gudep) Badung 05.015-05.016, berpangkalan di SDN 2 Tibubeneng  mewakil Kabupaten Badung dalam lomba Gugus Depan Unggul Tingkat Provinsi Bali.

Penilaian dilakukan Tim Provinsi Bali dengan Ketua Tim I Made Dana bertempat di SDN 2 Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Senin (21/10/2019).

Dalam paparannya Ketua Majelis Bimbingan Gugus Depan, Ni Nengah Sukerti menjelaskan, SDN 2 Tibubeneng terletak di Kecamatan Kuta Utara mempunyai prestasi di bidang kepanduan pramuka. Guna mencapai tujuan pendidikan, kepanduan akan wadah pembinaan yang khusus bagi pramuka siaga dan penggalang, ada beberapa langkah yang sudah dilakukan salah satunya menyiapkan SDM yang memadai.

Nengah Sukerti yang juga Kepala Sekolah SDN 2 Tibubeneng mengatakan bahwa pendidikan kepramukaan di sekolah ini adalah estrakurikuler wajib bagi siswa, dimana Pramuka basiknya adalah gugus depan pangkalan dalam hal ini sekolah.

Baca Juga :  Rektor Unud Terima Audiensi Jajaran AMSI Bali, Dukung Kolaborasi untuk Sebarkan Informasi Baik

Sementara itu Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Badung dalam sambutannya yang dibacakan Kadisdikpora Badung I Ketut Widia Astika selaku Ketua Harian Kwarcab Badung mengharapkan dari gugus depan ini akan muncul peserta didik yang berkualitas, percaya diri dan diyakini mempunyai karakter kebangsaan dan kecakapan yang baik.

“Dengan diadakannya lomba gugus depan unggul di pangkalan SD dan gugus depan tergiat di satuan pendidikan SMP serta SMA, menunjukkan fungsi pengembangan kegiatan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah sangat positif dan strategis karena dapat menggambarkan pengelolaan gugus depan di sekolah,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kwarcab Badung Tempa Generasi Muda Tangguh Lewat Dianpinru dan Dianpinsat 2024

Ketua Tim Penilai I Made Dana mengatakan, indikator penilaian yang dilakukan pada kegiatan lomba Gugus Gepan Unggul diantaranya keberadaan gugus depannya, keunggulan SDM, manajemen dan administrasi, dana, sarana prasarana kegiatan, proses, prestasi dan kemitraan.

Dikatakan pula bahwa kemitraan sangat penting, karena kegiatan pramuka adalah pendidikan kemandirian, dan tidak tergantung pada pemerintah semata, tetapi banyak dukungan dari masyarakat.

“Lomba ini nantinya juga diharapkan akan mampu  meningkatkan jiwa patriotisme yang kuat, mental yang kuat, suka bermusyawarah sehingga mendidik mereka menjadi generasi muda yang berkarakter serta menyiapkan generasi muda yang akan menjadi generasi pemimpin kedepannya,” pungkasnya.

Baca Juga :  Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) Badung Tingkatkan Kualitas Pembinaan Generasi Muda

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Camat Kuta Utara A.A. Ngurah Arimbawa, Kapolsek Kuta Utara, Perbekel Desa Tibubeneng I Made Kamajaya, Pengawas TK/SD Kecamatan Kuta Utara Ni Nyoman Ayu Suartini Parwata serta tokoh masyarakat setempat.(humas-bdg/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News