Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pemerintah Kabupaten Badung kembali menyerahkan dana hibah untuk Pemkab Gianyar sebesar Rp 12,5 miliar, Rabu (18/9/2019) di Jaba Pura Dalam Bangunliman, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar.

Dana hibah yang diserahkan ini adalah yang kedua kalinya dilakukan, sebab sebelumnya Pemkab Badung juga menyerahkan dana hibah kepada Pemkab Gianyar sebesar Rp 18 miliar. Penyerahan hibah pertama dilakukan pada 10 April 2019 lalu sehingga total dana hibah yang diserahkan Kabupaten Badung kepada Kabupaten Gianyar sebesar Rp. 30,5 miliar.

Kehadiran Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta untuk menyerahkan hibah disambut antusias oleh masyarakat Gianyar. Kedatangan Bupati Giri Prasta disambu langsung Dengan Tari Anoman, Tari Baris Tumbak, Tari Kecak, dan Tari Pendet dari ibu-ibu PKK.

Turut mendampingi dalam kesempatan tersebut, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Badung I Wayan Suambara, Kepala Bappeda Badung I Made Wira Dharmajaya, Kadis PMPTSP Badung I Made Agus Aryawan, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Badung AA Ngurah Bayu Kumara Putra, Kepala Bagian Hukum Setda Badung I Nyoman Argawa, Kepala BPKAD Badung I Ketut Suyasa, Kabag Humas Setda Badung I Made Suardita, dan Kabag Umun Kabupaten Badung I Nyoman Suardana.

Baca Juga :  Disdikpora Badung Gelar Pelatihan Wirausaha Muda, Ciptakan Generasi Mandiri dan Berdaya Saing

Sementara dari Pemkab Gianyar datang menyambut diantaranya Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun, Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya, Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny. Ida Ayu Surya Adnyani. Hadir pula Ketua DPRD Kabupaten Gianyar I Wayan Tagel Winarta, anggota DPRD Kabupaten Gianyar, serta tokoh masyarakat Gianyar.

Bupati Giri Prasta dalam sambutannya mengatakan penyerahan dana hibah ini merupakan program “Badung Angelus Bhuana” yang bermakna “Badung Berbagi dari Badung untuk Bali”.

Menurut Giri Prasta, sudah menjadi komitmen Pemkab Badung sejak awal untuk meringankan beban masyarakat umat sedharma didalam melestarikan dan menjaga, adat, tradisi, seni dan budaya Bali.

“Kebijakan politik anggaran Bupati Badung bersama Bupati Gianyar yang sudah mengadakan kesepakatan dengan penanda tanganan MoU, dimana Bupati Giri Prasta memberikan hibah untuk Kabupaten Gianyar sekitar Rp 30,5 miliar dan dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama sudah berikan sebesar Rp18 miliar dan sekarang berlanjut ke tahap kedua sebesar Rp 12,5 miliar,” terang Bupati Giri Prasta.

Baca Juga :  Libatkan 500 Orang, Satpol PP Badung Gelar Bersih-bersih Pantai Batu Bolong

Bantuan hibah ini, lanjut Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini, dalam rangka meringankan beban masyarakat. Tidak saja masyarakat di Kabupaten Badung, melainkan Bali secara umum.

“Saya kira mari bersama-bersama kedepan bersatu padu membangun Bali ini, karena dengan bersatu setengah perjuangan akan berhasil. Tetapi sebaliknya jika tidak bersatu setengah perjuangan akan gagal. Untuk nencapai keberhasilan maka masyarakat diharapakan untuk bersatu agar Segilik, Seguluk, Seluwung- luwung, Sebayantaka Nyujur Gemah, Ripah, Loh Jinawi,” tegas Bupati Giri Prasta.

“Kami memiliki konsep One Island One Management, Satu Pola Satu Tata Kelola, Satu Pulau Satu Wawasan. Semakin banyak yang akan kita ajak bekerja semakin ringan beban krama Bali ini. Karena itu saya mengajak semeton, tokoh-tokoh krama Bali mari kita membangun, menjaga dan melestarikan pulau dewata yang kita cintai ini dibawah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tandasnya.

Baca Juga :  Peringatan HUT Ke-74  Satpol PP dan Ke-62 Satlinmas Provinsi Bali di Puspem Badung

Sementara Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun, dalam kesempatan tesebut mewakili Bupati Gianyar, menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada Bupati Badung berserta jajarannya untuk melanjutkan pemberian bantuan hibah tahap kedua. “Mewakili Pemkab Gianyar dan segenap masyarakat Gianyar kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya berupa dana hibah untuk membangun Kabupaten Gianyar dari Badung,” ujarnya.

Wabup Gianyar berjanji akan mengawasi penuh bantuan ini, sehingga pemanfaatnya betul-betul bisa dipertanggung jawabkan dan tidak ada masalah nantinya. “Untuk bantuan hibah tahap kedua ini dialokasikan untuk pembangunan Bale Banjar dan Wantilan untuk Kecamatan Sukawati, Ubud, Blahbatuh dan Gianyar. Sebanyak 18 unit bangunan bale banjar dan wantilan. Dengan adanya bantuan ini masyarakat Gianyar pada umumnya sangat merasa terbantu dibidang pembangunan,” tukasnya.(humas-bdg/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News