Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Volvo Trucks Indonesia mempersembahkan salah satu inovasi kelas dunianya, setelah power steering – Volvo Dynamic Steering. Volvo Dynamic Steering menggabungkan power steering hidrolik konvensional dengan motor listrik yang diatur secara elektronik dan dipasang pada roda kemudi.  Sistem ini mengurangi tenaga yang dibutuhkan dalam mengemudi hingga 85% dan meredam hentakan akibat lubang, jalan tidak rata, jalan berlumpur, pengereman, dan menjaga truk tetap lurus ke arah yang dipilih pengemudi. Hasilnya: pengemudian yang presisi dan memberikan pengemudi truk Indonesia lingkungan kerja yang lebih aman, nyaman, menyenangkan. VDS   membuat truck Volvo aman dan mudah dikemudikan: bahkan seekor hamster bisa menyetir truk.

“Teknologi yang dipatenkan ini bermanfaat bagi pengemudi   truk di Indonesia di setiap kondisi operasi. Di jalan bebas hambatan, sistem Volvo Dynamic Steering memberikan stabilitas arah kendaraan yang tak tertandingi. Di jalan “off-road”, pada kecepatan rendah, truk yang penuh muatan pun akan sangat mudah dikendalikan sehingga pengemudi dapat melakukannya dengan satu  jari,”  kata  Jurn  Terpstra, MD, Volvo Trucks Indonesia.

Baca Juga :  Distribusi Jimny 5-Door Berjalan Konsisten, Konsumen Mengaku Sangat Puas Setelah Terima Unit

Pada demonstrasi produk di Sentul, 30 kilometer di luar Jakarta, Volvo Trucks Indonesia   memperkenalkan “Volvo   Dynamic Steering” –  salah   satu   inovasi pemenang penghargaan yang sangat  mempermudah  pengemudian truk-truk besar bermuatan  penuh  yang dimungkinkan oleh teknologi paling canggih,  dan fitur ini kini tersedia  untuk pelanggan di Indonesia.

Volvo Dynamic Steering bekerja pada sistem kemudi mekanis konvensional, pada poros terhubung ke roda kemudi. Unit servo hidrolik menghasilkan tenaga yang membantu pengemudi memutar lingkar kemudi truk. Pada sistem Volvo ini, motor listrik yang dikontrol secara elektronik ditambahkan pada poros kemudi. Motor listrik ini bekerja sama dengan power steering hidrolik yang menyesuaikan diri ribuan kali per detik tergantung kondisi berkendara dengan diatur oleh unit kontrol elektronik. Pada kecepatan rendah, motor listrik menambah tenaga ekstra dan pada kecepatan lebih tinggi, motor listrik secara otomatis mengontrol kemudi dan melakukukan kompensasi atas tekanan yang terjadi pada roda kemudi, misalnya akibat dorongan angin samping atau permukaan jalan yang tidak rata.

Baca Juga :  Siap Balik Mudik Pakai Motor, Yuk Intip Biar selalu #Cari_Aman

“Fungsi motor listrik adalah memberikan  pengendalian yang akurat  di setiap  saat pengoperasian. Contohnya, ketika sensor sistem mencatat  bahwa  pengemudi  ingin melaju  lurus  ke  depan,   maka   sistem   secara  otomatis   memastikan   tidak  ada hambatan  permukaan jalan yang mempengaruhi  arah roda kemudi,” papar Jurn.

Jurn menambahkan, “Pada kecepatan rendah, bantuan motor listrik membuat truk ini jadi sangat   mudah dikendalikan.  Bahkan truk konstruksi yang sarat muatan yang berjalan di jalan “off-road” yang kasar bisa dikemudikan tanpa kesulitan sedikit pun. Ada perumpamaan, seekor hamster pun bisa menyetir truk.”

Baca Juga :  Mudik Keluarga Lancar, Simak Inspirasi Penggunaan Fitur Suzuki All New Ertiga Hybrid Cruise

Fitur baru ini sekarang   tersedia   di Indonesia   untuk truk rigid dan prime mover dengan poros roda depan   tunggal (6×4) dan poros depan ganda (8×4), namun untuk belum tersedia untuk truk all-wheel drive (dengan daya penggerak disemua roda). Truk on-road dan off-road dapat dilengkapi dengan Volvo Dynamic Steering. Saat ini truck dengan Volvo Dynamic Steering pertama sudah mulai diterima oleh pelanggan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara di Kalimantan.

“Dalam salah satu survei yang kami lakukan sebelumnya, empat dari sepuluh pengemudi    mengeluhkan nyeri di punggung, leher, bahu atau lengan setiap minggunya. Dengan mengembangkan sistem kemudi ini, kami menawarkan kondisi mengemudi yang lebih santai untuk pengemudi   truk Volvo.  Kami percaya bahwa Volvo Trucks dapat mendorong kemajuan kenyamanan dan keselamatan  mengemudi di Indonesia,” pungkas Jurn.(r/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News