Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Korea, menjalin kerjasama terkait dengan penerapan Smart Water Management System dan Kota Denpasar menjadi pilot project penerapan sistem yang berbasis Informasi Komunikasi dan Teknologi (ICT) ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Divisi Konstruksi Pemerintah Korea, Lee Sang Heon saat bertemu dengaan Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, di Kantor Walikota Denpasar, Jumat (14/6/2019). Nampak hadir, Direktur Utama  PDAM Kota Denpasar, Ida Bagus Gede Arsana, Kepala DLHK Kota Denpasar, I Ketut Wisada, dan jajaran OPD terkait.

Baca Juga :  Suzuki Bali Serahkan Unit Jimny 5 Pintu ke Pembeli Pertama

Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa Smart Water Management System adalah sistem yang diciptakan untuk mengatur semua pendistribusian air secara otomatis dengan memanfaatkan software/hardware dan internet. Sistem ini nantinya akan menyimpan data untuk memudahkan pemerintah dalam menganalisa atau mengelola data sebagai bagian dari tindakan penanggulangan bencana seperti kebanjiran atau kekeringan. Dimana kedepannya program Smart Water Management bisa diterapkan di Kota Denpasar seperti di Korea, dimana  tujuan dari program ini adalah dapat memberikan pelayanan  yang maksimal kepada masyarakat.

Dikatakan pihaknya masih menunggu kebijakan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, untuk dapat melaksanakan pilot project ini, yang rencananya dilaksanakan tahun 2020-2022.

Baca Juga :  Masuki Usia 29 Tahun, Wawali Arya Wibawa Harap Pertuni Kota Denpasar Optimalkan Akomodasi Kalangan Tunanetra

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra menyambut baik kedatangan Divisi Kontruksi Pemerintah Korea, Lee Sang Heon dan program yang ditawarkan dari Pemerintah Korea. Rai Mantra mengatakan, kerjasama seperti ini sangat baik dilakukan terlebih untuk memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. “Memang banyak tantangan tentang sistem air kedepannya, jadi terobosan semacam ini sangat baik dilakukan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, pihaknya sangat mendukung program ini dan berharap kedepan bisa dilancarkan sampai manfaatnya bisa dirasakan masyarakat.

Sementara itu, Direktur PDAM Kota Denpasar, Ida Bagus Gede Arsana mengatakan akan terus mengawal pelaksanaan program ini. “Sejak penyusunan master plan smart water ini, selalu kami dampingi dengan maksimal, semoga kedepan prosesnya juga dilancarkan, dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” ungkapnya. (dev/humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News