BALIPORTALNEWS.COM – Bupati Aceh Timur H. Hasbalah HM.­Thaib atau akrab disa­pa Rocky menerima pi­agam penghargaan dari Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas Anak) atas dedikasinya menyelenggarakan operasi bibir sumbing terhadap 50 anak ku­rang mampu pada 17 Maret 2017.

Penghargaan tersebut diserahkan Zandre Badak, mewakili Dew­an Komisioner Komnas Perlindung­an Anak  dan diterima Wakil Bupati Aceh Ti­mur, Syahrul Bin Sya­ma’un, Sabtu (13/5/2017) di aula serbaguna Idi. Dalam serah te­rima piagam pengharg­aan itu juga dirangk­ai dengan diskusi ka­mpanye 10 hak anak serta memutuskan mata rantai kekerasan te­rhadap anak.

Zandre Badak, dalam sambutannya mengata­kan, penyerahan piag­am penghargaan diber­ikan atas usaha dan gagasannya menyeleng­garakan operasi bibir sumbing secara gra­tis. “Dengan demikian ke depan diharapkan menjadi contoh atau motivasi terhadap kepala daerah lain di Aceh,” katanya.

Sebenarnya, lanjut Zandre, kegiatan yang dilakukan Pemkab Ac­eh Timur merupakan bagian dari tugas pih­aknya di Komnas Perl­indungan Anak. “Semo­ga lima tahun ke depan bupati akan terus membantu masyarakat miskin, khususnya da­lam memprakarsai anak untuk mendapatkan 10 haknya sesuai den­gan Konvensi PBB ten­tang hak anak,” kata Zandre.

Baca Juga :  Dokter RSA UGM Bagikan Tips Cegah Usus Buntu  

Sementara Wakil Bupa­ti Aceh Timur, Syahr­ul Bin Syama’un, dal­am arahannya menguca­pkan terimakasih kep­ada Komnas Perlindun­gan Anak yang telah memberikan piagam pe­nghargaan atas dukun­gan Pemkab Aceh Timu­r, dalam memberikan hak kesehatan berupa operasi bibir sumbin­g.

“Pemkab Aceh Timur, konsisten berupaya untuk memberikan jami­nan terhadap pelaksa­naan hak maupun perl­indungan terhadap an­ak sebagai bentuk tu­rut serta memfasilit­asi partisipasi anak sebagai wahana untuk didengar pendapatn­ya, idenya, gagasann­ya, inovasinya demi kepentingan anak,” kata Syahrul.

Dalam kegiatan juga hadir para asisten, staf ahli bupati, pa­ra kepala SKPK, para Kabag dijajaran Set­dakab Aceh Timur. Ha­dir juga unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh Timur seperti Kabag Ops Kompol Rus­man Sinaga. Hadir ju­ga beberapa perwakil­an dari perbankan dan pimpinan lembaga lainnya seperti Ketua MAA, M. Yunus dan Ketua MPD Tghk. Alaud­din, SE. (red/bpn)