Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Keberadaan dari pada I Kadek Dana (48) yang mengalami gangguan jiwa sehingga harus dipasung mendapat perhatian dari Gubernur Bali.

Merespon cepat pemberitaan disejumlah media terkait kondisi dari I Kadek Dana tersebut, Gubernur Bali mengutus  tim dari Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali untuk melihat langsung kondisinya di Banjar Gede, Desa Akah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Selasa (7/3/2017).

Saat dikunjungi di kediamannya, I Kadek Dana sedang berdiam di kamarnya dengan kondisi dipasung. Menurut penuturan kakak kandungnya Saka, adiknya sudah mengalami gangguan jiwa sejak tahun 1989 dan sudah sempat beberapa kali dirawat di Rumah Sakit Jiwa Bangli. Ketika kumat, Kadek Dana sering mengancam orang lain bahkan keluarganya sendiri.

“Karena sering mengancam dan berperilaku meresahkan masyarakat sekitar, maka kami terpaksa pasung di dalam kamar. Sudah beberapa kali kami bawa ke rumah sakit jiwa, tapi setelah seminggu dari rumah sakit, kumat lagi, “ imbuhnya.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

Saka manambahkan selama di pasung, ia tetap merawat adik kandungnya dan memandikannya dengan teratur.

“Saya kasi radio juga di kamarnya biar ada hiburan, tim kesehatan dari Puskesmas juga sering melakukan pemeriksaan kesehatan dari adik saya,” tuturnya lirih.

Kedepannya ia berharap adanya bantuan bedah rumah pemerintah untuk adiknya sehingga nantinya adiknya tidak akan dipasung lagi. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur memberikan bantuan awal berupa uang tunai dan akan mengkoordinasikan bantuan lebih lanjut dengan SKPD terkait. (humasbali/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News