BALIPORTALNEWS.COM – Gubernur Bali Made Mangku Pastika memberi apresiasi dan penghargaan  kepada Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan seluruh anggota perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Daerah Bali yang sudah berperan aktif dalam upaya mempererat dan memperkokoh persatuan dan persaudaraan.

Hal ini disampaikan Pastika dalam sambutannya pada perayaan Tahun Baru Imlek 2568 bersama warga Bali keturunan Tionghoa di Ksirarnawa Taman Budaya Denpasar, Rabu (8/2/2017).

Dalam Perayaan Imlek yang mengusung tema “Menghormati Ke-Bhinekaan, Memperkokoh Nasionalisme, Bahwa Kita Adalah Satu Indonesia” itu, Pastika mengatakan bahwa budaya yang berkembang di Bali sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Tiongkok. Dia berharap hubungan yang telah terjalin dengan baik selama ini, ke depannya dapat terus ditingkatkan sehingga memberi manfaat positif  bagi kedua bangsa.

Terlebih Tiongkok saat ini merupakan salah satu negara besar yang sangat diperhitungkan dunia. Pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia telah membawa kemakmuran bagi rakyat Tiongkok. Pastika berharap kemakmuran negara tersebut berimbas bagi kemajuan pariwisata Bali. “Kami berharap akan lebih banyak lagi Turis Tiongkok yang berkunjung ke Pulau Dewata,” ujarnya.

Baca Juga :  Tim Supervisi Subbag Humas Polres Tabanan ke Polsek Kerambitan

Pada bagian lain, Pastika menyambut kehadiran tim kesenian dari Tiongkok yang berkolaborasi dengan seniman Bali dan diharapkan akan memperkaya kebudayaan kedua bangsa. “Saya juga berharap malam ini betul-betul dapat memberikan kegembiraan bagi kita semua dan membawa optimisme akan masa depan kedua bangsa. Selamat Hari Raya Imlek 2568, Gong Xi Fat Cai,” kata Pastika.

Sementara itu, Konjen RRTmenerangkan, wisatawan Tiongkok yang datang ke Bali pada tahun 2016 mencapai 986.900 orang, naik 43,35% dibanding tahun sebelumnya.

Perayaan dimeriahkan dengan penampilan seni Pencak Silat Bhakti Negara, drama kolosal cerita pertemuan Putri Cina Kang Cing Wei dengan Raja Jaya Pangus yang diperankan siswa-siswi SMAN 1 Tabanan. Sebagai puncaknya tim kesenian dari Asosiasi Pertukaran Tiongkok, mempersembahkan kesenian tradisional sampai modern yang dikemas dengan sangat apik. (humasbali/bpn)