BALIPORTALNEWS.COMDi era globalisasi  persaingan di tingkat global  akan semaki ketat  untuk itu diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku atau kompetensi yang siap bersaing, dan salah satunya dilakukan dengan penguasaan teknologi termasuk memiliki kompetensi dalam bidang komputer.

Penguasaan bidang komputer menjadi suatu hal yang penting bagi para siswa khususnya siswa Sekolah Menengah Atas tidak hanya sebagai senjata dalam  memghadapI ujian nasional berbasis komputer (UNBK) namun juga bisa menjadi bekal bagi para siswa setelah tamat sekolah  untuk bersaing  nantinya di dunia kerja. Demikian disampaikan oleh Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta dalam sambutannya saat membuka uji kompetensi komputer operator junior di SMA Negeri 1 Banjarangkan, Klungkung, Senin (17/10/2016).

Baca Juga :  Wujudkan Bali Net Zero Emission Dimulai dengan 100 Persen Energi Terbarukan di Nusa Penida pada 2030

Ia menambahkan  dengan penguasaan komputer dan ditambah adanya sertifikasi kompetensi yang diberikan lembaga terakreditasi  para siswa diharapkn  memiliki bekal atau kelebihan yang bisa dipakai dalam menghadapi  tantangan dalam dunia globalisasi sehingga para siswa akan siap menghadapi era tersebut dan tidak tergilas dalam persaingan global.

“Untuk dapat bersaing di era saat ini, selain pendidikan formal adanya sertifikat keahlian sangat diperlukan, hanya  SDM  yang bermutu ,memiliki daya saing tinggi yang akan memenangkan kompetisi,” imbuhnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat memacu semangat, memotivasi para siswa  untuk terus lebih meningkatkan kualitas diri ,dan berharap kegiatan serupa juga dapat dilakukan di sekolah sekolah lainnya sehingga SDM  yang berkualitas dan siap saing dapat terwujud.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Klungkung dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Klungkung  I Made Kasta dimana pihaknya menyambut baik kegiatan ini  karena siswa tidak hanya mengetahui konsep tetapi juga mendapatkan praktek.

Dengan adanya sertifikat kompetensi maka para siswa akan berani bersaing dan siap dalam era kompetensi antar negara seperti Masyarakat Ekonomi Eropa (MEA). 

Uji kompetensi komputer operator junior yang merupakan kerjasama antara Sudikerta Leadership dan Lembaga Sertifikasi Profesi Tempat Uji Komputer Media Bali ini diikuti oleh 235 orang yang terdiri dari siswa ,guru dan pegawai tata usaha di lingkungan SMAN 1 Banjarangkan. Kegiatan yang juga dihadiri oleh Inspektur Provinsi Bali Ketut Teneng, Kepala SKPD terkait di lingkungan Provinsi Bali dan Kabupaten Klungkung ini juga dirangkai dengan kegiatan  penanaman pohon langka seperti pohon Cendana, pohon gaharu, pohon naga sari, pohon jebugarum serta pohon delima di halaman sekolah tersebut.

Baca Juga :  Safari Ramadhan APJII Bali Nusra, Mempererat Silaturahmi dan Peduli pada Sesama

Dalam kesempatan ini rombongan juga berkesempatan melihat  langsung proses ujian kompetensi yang diikuti para siswa di laboratorium komputer  sekolah. (hms prov bali/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News