Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Kodam IX/Udayana menggelar Upacara Peringatan Hari Juang Kartika ke-73 tahun 2018, pada Sabtu (15/12/2018) di lapangan Praja Raksaka Kepaon, Denpasar.

Upacara ini diikuti oleh anggota Militer dan Pegawai Negeri Sipil se Garnizun Denpasar. Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto S.I.P,  menbacakan amanat Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa yang pada intinya menyampaikan, ucapan terimakasih yang tulus dan penghargaan setinggi tingginya kepada segenap anggota TNI AD dan Pegawai Negeri Sipil jajaran TNI AD atas pengabdiannya selama ini.

Seiring dengan tema peringatan Hari Juang Kartika tahun 2018 “TNI Angkatan Darat Mengabdi Dan Membangun Bersama Rakyat”, kiranya sangat tepat untuk merepresentasikan komitmen Prajutit TNI AD dalam mengemban amanat perjuangan rakyat untuk membela kepentingan seluruh Rakyat Indonesia.

Torehan tinta emas peristiwa Palagan Ambarawa dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia menunjukkan kesemestaan  perjuangan kemerdekaan yang melibatkan para pemuda  serta masyarakat Ambarawa melawan kekuatan kolonial Belanda.

Baca Juga :  Dewan Provinsi Bali Sampaikan Raperda Inisiatif Tentang Insentif Investasi dan Pengarusutamaan Gender

Semangat patriotisme, nasionalisme, keberanian, keiklasan serta kerelaan berkorban dalam menghadapi musuh yang jauh lebih kuat mampu menghantarkan para pejuang bersama rakyat mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Sebagai generasi penerus wajib menjadikan semangat kemanunggalan TNI dengan Rakyat sebagai pendorong pengabdian dalam menghadapi masa depan yang semakin komplek dan dinamis, untuk itu dalam momen ini lakukan introspeksi dan koreksi diri, tatap lurus ke depan untuk memantapkan langkah bersama dalam mewujudkan TNI AD yang kuat, tangguh, modern dan profesional, demikian tegas Kasad dalam amanat yang dibacakan Pangdam.

Baca Juga :  Dewan Provinsi Bali Sampaikan Raperda Inisiatif Tentang Insentif Investasi dan Pengarusutamaan Gender

Selanjutnya Pangdam juga menambahkan, dalam memperingati Hari Juang Kartika kali ini, ada beberapa rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan di wilayah Kodam IX/Udayana, antara lain  rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni, di Bali ada 19 unit rumah untuk para Veteran PKRI, di NTB ada 20 unit rumah untuk para korban bencana alam gempa bumi dan di NTT ada 3 unit rumah untuk Veteran PKRI.

Kemudian ada juga kegiatan bhakti sosial kesehatan, donor darah, penghijauan/penanaman pohon, karya bhakti pembersihan  lingkungan tempat ibadah dan ziarah rombongan baik di wilayah  Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Pangdam juga mohon agar Bangsa Indonesia khususnya masyarakat Bali Nusra, mendoakan agar TNI senantiasa dapat mengemban tugasnya dengan baik bersama-sama dengan rakyat, demikian harap Pangdam.

Baca Juga :  Dewan Provinsi Bali Sampaikan Raperda Inisiatif Tentang Insentif Investasi dan Pengarusutamaan Gender

Selesai upacara dilanjutkan dengan acara syukuran di GOR Praja Raksaka ditandai dengan pemotongan tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur  oleh Pangdam IX/Udayana yang kemudian diserahkan kepada prajurit yang berprestasi.

Hadir pada upacara peringatan tersebut para pejabat teras Kodam IX/Udayana antara lain; Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Danrindam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kadam, Kapok Sahli, Para Sahli, LO-AL, LO-AU, para Komandan/Kabalak Kodam IX/Udayana dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD IX/Udayana beserta pengurus. (sntk/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News