Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM –  Mendekati penghujung tahun 2018, tim safety riding Astra Motor Bali tidak henti-hentinya menularkan edukasi keselamatan berkendara. Pada kesempatan kali ini giliran SMKN 1 Gerokgak yang berada di ujung Utara Pulau Bali di sambangi Tim Safety Riding Astra Motor Bali, Sabtu (15/12/2018).

Kegiatan edukasi tidak hanya di berikan kepada siswa saja, semua penghuni sekolah mulai dari guru-guru, pegawai tatausaha bahkan sampai security pun diberikan pengetahuan tentang pentingnya keselamatan berkendara.

Materi edukasi yang di sharingkan kepada mereka sangat lengkap mulai dari hal kecil yaitu menggunakan helm dan jaket pada saat naik motor, dilajutkan dengan mengecek kelengkapan berkendara, pengecekan kendaraan  dan bagaimana berkendara yang baik dan benar di jalan raya. Terlihat sebanyak 500 pesertab dari selurih penghuni sekolah antusias dalam kegiatan ini yang dikemas sangat menarik.

SMKN 1 Gerokgak ini merupakan sekolah kejuruan yang menjadi idaman masyarakat yang berada diwilayah desa Banyupoh kecamatan Gerokgak. Sekolah ini  telah membuka 3 jurusan Akomodasi Perhotelan (AP), Tata Boga (TB) dan Teknik Sepeda Motor (TSM). Khusus untuk jurusan tehnik, selain kurikulum tehnik sepeda motor Honda, para siswapun di bekali dengan edukasi safety riding yang kesempatan saat ini diberikan kepada tim safety riding Astra Motor Bali untuk selalu #Cari Aman saat naik motor.

Baca Juga :  Tekan Kasus Kecelakaan Lalulintas, Polres Buleleng Siap Adakan Ops Keselamatan Agung

Selain edukasi, Tim safety riding juga menyerahkan rambu-rambu tentang batas-batas kecepatan rata-rata dalam sekolah yang berguna sebagai tanda untuk siswa agar pada saat masuk dan keluar sekolah mereka tahu batas kecepatan mengendarai sepeda motor di area sekolah.

Fasilitas tambahan yang diberikan kesekolah berupa, rambu parkir bertujuan agar parkir siswa lebih rapi dan tidak sembarangan memarkir sepeda motornya.

Untuk menambah value edukasi secara lisan, di kesempatan yang sama juga dipasang juga papan mading yang di kemas menarik  dengan banyak informasi  tentang #Cari Aman dan juga dipasang papan peraturan tata tertib meggunakan sepeda motor.

Setelah edukasi ini diharapkan pelanggaran tidak terjadi lagi karena tim safety riding juga mensupport papan pelanggaran, di mana di papan tersebut akan ditulis siswa yang melakukan pelanggaran seperti tidak menggunakan helm atau helm yang tidak di klik, tidak membawa surat-surat kendaraan dan lain-lain. Akibat dari pelanggaran tersebut nama siswa ditulis di papan sesuai dengan  pelanggaran yang dilakukannya.

Selain itu juga disebarkan leaflet, buku dan ada juga CD  tentang keselamatan berkendara yang bisa di putar di perpustakaan yang ada di sekolah tsb.

WAKA HIM/HUMAS SMKN 1 Gerokgak, Nyoman Yudi Mahardika Spd. menyebutkan  kegiatan ini agar rutin dilakukan dan juga tidak henti hentinya tim Honda  memberikan penyuluhan tentang bagaimana pentingnya keselamatan berkendara melalui cari aman dalam  bermotor dan semoga ini bisa ditanamkan di siswa-siswa yang merupakan angkatan pertama di sekolah kami.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Terima Audiensi Ketua IMI Bali

“Banyak hal-hal yang bermanfaat yang di dapat dari kegiatan edukasi ini, dari hal yang terkecil sampai hal-hal yang dapat membahayakan pengendara, semoga bermanfaat dan dapat diterapkan oleh siswa disini, ungkap Nyoman Yudi.

Selain itu di depan sekolah juga di pasang rambu zona sekolah yang untuk membantu pengendara mengurangi kecepatan karena akan melewati zona sekolah yang biasanya banyak siswa keluar masuk terutama saat konsisi pagi hari dan siang hari usai pulang sekolah.

“ Edukasi safety riding ini akan secara berkelanjutan dilakukan, sehingga para siswa dapat di refres kembali mengenai materi pentingnya keselamatan diri dari berkendara dijalan raya, dan kami tentunya sangat bangga apabila para siswa dapat menerapkan apa yang mereka dapatkan dari kegiatan ini, untuk menjaga diri sendiri dulu sebelum orang lain menjadi korban, ungkap Ngurah Iswahyudi selaku PIC Safety Riding Astra Motor Bali. (myn/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News