BALIPORTALNEWS.COM –  Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Studium Generale dengan tema  Human, Cities and Environment pada Jumat, 16 September 2018  di Grha Sanusi Hardjadinata Kampus Universitas Padjadjaran Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung  pukul 9:00 – 11.00 WIB.   Kuliah umum ini akan menghadirkan Prof. John E. Fernandez, selaku Direktur Enviromental Solutions Initiative Massachusetts Institute of Technology (MIT) untuk memberikan sharing expertise dalam bidang penataan lingkungan.

Kuliah Umum ini dilaksanakan dalam rangka mendukung Program Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum dan juga menyukseskan program Citarum Harum yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia. Acara yang akan dibuka oleh Rektor Universitas Padjadjaran , Prof. Dr. med Tri Hanggono Achmad, dr. ini akan menghadirkan para dosen dan mahasiswa di lingkungan Unpad, Pemerintah Daerah, Komunitas, indutri dan media untuk berdiskusi terkait pendekatan komprehensif yang terbaik dalam menyelesaikan masalah sungai Citarum.

Citarum adalah sungai terpanjang dan terbesar di Tatar Pasundan Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sungai dengan nilai sejarah, ekonomi, dan sosial yang penting ini sejak 2007 menjadi salah satu dari sungai dengan tingkat ketercemaran tertinggi di dunia. Jutaan orang tergantung langsung hidupnya dari sungai ini, sekitar 500 pabrik berdiri di sekitar alirannya, tiga waduk PLTA dibangun di alirannya, dan penggundulan hutan berlangsung pesat di wilayah hulu.

Masalah yang menjadi cikal bakal pencemaran Sungai Citarum yang panjangnya 297 kilometer  adalah limbah pada yang berasal dari masyarakat dan tidak terkelola dengan baik. Pertumbuhan volume sampah di sekitar Sungai Citarum tidak diimbangi dengan pengelolaan sampah dengan baik. Hal itu diperparah oleh terbatasnya tempat pembuangan akhir (TPA) sehingga banyak sampah yang terpaksa harus dibuang ke sungai.

 Masalah Sungai Citarum mendapat perhatian nasional dan internasional dan menjadi issue besar yang perlu diselesaikan bersama secara komprehensif. Kolaborasi internasional dalam bidang akademik dan riset menjadi kunci untuk menjadi penyelesaian masalah ini. Seiring dengan kerjasama Unpad dengan MIT (Massachusetts Institute of Technology), Unpad menyambut baik kehadiran John Fernandez yang memiliki pengalaman menata kota dan lingkungannya di Buenos Aires, Argentina dan Bogota, Kolombia.  (humas-unpad/bpn)