BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 di Kota Denpasar berlangsung semarak dengan berbagai kegiatan serta hiburan. Selain itu kegiatan yang dirangkaikan dengan peringatan Hut Korpri ke-47 dimeriahkan berbagai kegiatan yang berlangsung sejak pagi hari. Diawali dengan pelepasan jalan santai serta senam zumba yang diikuti oleh para pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

Tidak terkecuali Sekda Kota Denpasar, A.A.N Rai Iswara, Wakil Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara, Ketua Dharmawanita Persatuan Kota Denpasar, Ny. Kerti Iswara tampak bergabung dan berbaur  ikut senam zumba, Jumat (23/11/2018) di lapangan I Gusti Ngurah Made Agung.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Rai Iswara bersama Wakil Ketua PKK Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara, Ketua Dharmawanita Persatuan Kota Denpasar, Ny. Kerti Iswara serta Kadis Kesehatan Kota Denpasar, dr. Luh Putu Sri Armini berkesempatan meresmikan Posyandu Remaja/OOPS4 (One Stop Service for Youth), deklarasi ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan, serta menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba HKN 2018.

Sekda Rai Iswara mengatakan terkait dengan Hut Korpri ke-47 ini bahwa diusia yang hampir setengah abad ini Korpri harus dimanfaatkan oleh seluruh anggotanya sebagai sebuah momentum untuk senantiasa memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat. Hal ini tentunya sejalan dengan tema nasional Hut Korpri di tahun 2018 yakni Korpri : Melayani, Bekerja dan Menyatukan Bangsa.

“Sikap profesionalisme Korpri merupakan suatu keharusan, hal ini disesuaikan dengan tuntutan era perkembangan dan digitalisasi saat ini. Selain sikap profesionalisme juga dapat dipadukan dengan motto Sewaka Dharma yang artinya melayani adalah kewajiban sebagai landasan dalam melakukan perubahan pada era saat ini yang sudah berjalan dengan baik disetiap OPD di lingkungan Pemkot Denpasar,” pungkasnya.

Sementara, Kadis Kesehatan Kota Denpasar, dr. Luh Putu Sri Armini ditemui disela-sela kegiatan mengatakan, momentum hari HKN ke-54 ini sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud apabila semua komponen bangsa, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dengan menggalakan Gerakan Masyarakat Hidup sehat (Germas). Selain itu, peringatan HKN tahun  ini sebagai  sebuah momentum yang harus kita manfaatkan untuk memberikan tekad dan semangat kita semua untuk lebih memberikan makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan.

Menurut Sri Armini, dengan tema tahun ini yakni “aku cinta sehat, ayo” hidup sehat mulai dari kita mempunyai makna penting yakni menjadikan budaya hidup sehat adalah bagian dari keseharian bangsa kita disamping harapan bersama akan kondisi sehat untuk kita semua sebagai satu bangsa yang makin bermartabat. Semangat melayani, semangat menggerakan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat guna mewujudkan pembangunan kesehatan.

“Kegiatan ini adalah sebagai pengingat publik bahwa kesehatan harus bergerak dari wilayah kuratif ke arah promotif-preventif sehingga masyarakat semakin mengerti arti penting prilaku hidup bersih dan sehat  serta menjaga kesehatan dengan bergaya hidup sehat,”kata Sri Armini. Ia menambahkan adapun kegiatan-kegiatan dalam HKN ini diantaranya, lomba PSN dan kebersihan Tk. Kota Denpasar, lomba jumantik dan koordinator jumantik berprestasi, safari kesehatan di 11 lokasi di Denpasar, operasi katarak, pemeroiksaan kesehatan gratis, screening PTM dan pemeriksaan urine untuk narkoba. (ngurah/humas-dps/bpn)