Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Memperkuat perguruan tinggi sebagai katalisator pembangunan industri digital melalui riset dan teknologi merupakan upaya yang perlu dilakukan menghadapi revolusi industri 4.0.

“Penting untuk membangun perguruan tinggi sebagai katalisator pembangunan industri digital melalui pendidikan, penelitian, dan inovasi,” kata Wakil Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), Prof. Sofian Effendi dalam Seminar Nasional Tantangan Penelitian Menghadapai Industrialisasi 4.0, Selasa (27/11/2018) di Sekolah Pascasarjana UGM.

Dalam seminar yang diselenggarakan AIPI bekerjasama dengan Sekolah Pascasarjana UGM ini Sofian  mengatakan sebagai pemula di era revolusi industri 4.0, Indonesia merupakan negara dengan basis industri digital yang masih terbatas. Tak hanya itu, Indonesia juga masih menghadapi risiko gagal dalam pembangunan industri tersebut.

“Indonesia baru sekelas dengan Kamboja dan Vietnam  yang masuk sebagai negara pemula dalam pengembangan industri berbasis digital. Sementara Singapura dan Malaysia menjadi leader karena memiliki industri kuat yang memiliki kesiapan menghadapai risiko dalam pengembangan teknologi baru,” paparnya, Selasa (27/11/2018) di Sekolah Pascasarjana UGM.

Baca Juga :  Pebalap Bertalenta Astra Honda Siap Banggakan Indonesia di ARRC Buriram

Karenanya upaya memperkuat perguruan tinggi sebagai katalisator pembangunan industri digital melalui riset dan teknologi penting dilakukan. Langkah lain dengan meningkatkan relevansi keterampilan yang diajarkan dengan yang diperlukan dalam pengembangan industri 4.0.

Disamping itu membangun sekolah pascasarjana sebagai unit pelaksana akademi yang multidisiplin dan meningkatkan daya tampung perguruan tinggi. Diikuti reformasi kurikulum dan penilaian kinerja dosen.

“Penurunan beban administrasi dosen dan pimpinan perguruan tinggi juga perlu dilakukan,”kata Guru Besar FISIPOL UGM ini.

Menurut Sofian, beban kerja mengajar dosen yang besar menjadi salah satu faktor penghambat penelitian di perguruan tinggi.  Untuk itu penurunan beban mengajar yang besar perlu dilaksanakan agar jumlah dan kualitas penelitian Indonesia dapat meningkat sehingga akan meningkatkan daya saing bangsa menghadapi revolusi industri 4.0.

Baca Juga :  Pj Gubernur Mahendra Jaya Harap Satpol PP Kedepankan Nilai Humanis dan Persuasif

Sementara Dirjen Penguatan Dan Inovasi Kemenristekdikti Dr. Ir. Jumain Appe, Msi., menyampaikan bahwa paradigma tri dharama perguruan tinggi harus diselaraskan dengan era industri 4.0. Perguruan tinggi dan lembaga penelitian dan pengembangan perlu mengharmonisasikan berbagai hasil riset pengembangan dan penerapan teknologi melalui lembaga manajemen inovasi.

Jumain menyebutkan kinerja lembaga manajemen inovasi wajib digunakan sebagai indikator dalam penilaian akreditasi. Selain itu dalam pemeringkatan pada perguruan tinggi atau lembaga litbang.

Menurutnya kinerja lembaga manajemen inovasi menjadi pertimbangan dalam kebijakan intensif dan penghargaan terkait dengan prestasi perguruan tinggi atau lembaga litbang.

Baca Juga :  Bali Raih Dua Penghargaan Dalam HUT Ke-74 Satpol PP dan Ke-62 Satlinmas di Padang

“Perguruan tinggi wajib melaksanakan inovasi produk melalui inkubasi dan pembelajaran berbasis industri,”tuturnya.

Guru Besar Teknik Arsitektur dan Perencanaan UGM, Prof. Ir. Achmad Djunaedi, MURP., Ph.D., dalam kesempatan itu memamparkan tentangperanan perguruantinggi dalam pengembangan smart city. Menurutnya, perguruan tinggi dapat berkontribusi dalam mendukung pengembangan smart city melalu beberapa cara. Beberapa diantaranay seperti pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,pengembangan sumber daya manusia, serta pengembangan smart city living labs. (ika/humas-ugm/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News