BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar menggelar acara pemantapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Ruang Sewaka Mahottama, Graha Sewaka Dharma, Rabu (28/11/2018).

Acara ini secara khusus dihadiri oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Muhammad Yusuf Ateh, yang sekaligus menjadi narasumber dalam kesempatan tersebut. Kehadirannya disambut hangat oleh Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara, didampingi para asisten dan, jajaran Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

Dalam sambutannya, mewakili Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara menyatakan bahwa acara ini dapat semakin memberikan dampak positif untuk terus fokus mendukung tercapainya visi  “Denpasar Kreatif Berwawasan Budaya dalam Keseimbangan Menuju Keharmonisan”.

Disampaikan juga bahwa tahun 2017 kemarin, hasil evaluasi atas Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Kota Denpasar, telah berhasil memperoleh predikat B. Menurut Rai Iswara, kendatipun efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran sudah baik, namun hal ini jangan sampai membuat berpuas diri.

“Kita harus terus berbenah untuk terus berupaya maksimal baik dalam perencanaan, pemanfaatan hingga evaluasi setiap tahapnya,” ungkapnya. Rai Iswara juga menyampaikan rasa optimisme bahwa Denpasar dapat meraih predikat A kedepannya. Pemerintah terus berupaya agar program-program yang dicanangkan dapat tepat sasaran dan bermanfaat.

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Muhammad Yusuf Ateh juga menyampaikan hal senada. “Saya melihat semangatnya luar biasa, dan saya juga yakin jika semangat ini dipertahankan dalam prosesnya pasti akan cepat menuju A,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa perancangan program prioritas dalam mengelola anggaran sektor public yang jumlahnya terbatas sangat diperlukan. “Langkah-langkah untuk menyukseskan program terkait harus dijabarkan, diukur capaiannya dan harus tau betul apa manfaat yang dihasilkan,” ungkapnya

“Saya kagum Denpasar punya Mal Pelayanan Publik yang luar biasa, ini juga menjadi acuan bagaimana pelayanan publik yang maksimal terus menjadi prioritas sesuai dengan visi misi Walikota,”imbuhnya. (dev/humas-dps/bpn)