BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Meski akhir pekan, tak menyurutkan keinginan Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama jajaran untuk tetap bekerja. Kali ini, sembari bersepeda santai, Minggu (4/11/2018) Rai Mantra yang didampingi Ketua Perkumpulan Pecinta Tanaman (PPT) Kota Denpasar, Ny. I.A.Selly Dharmawijaya Mantra, Plt. Kadis PUPR Kota Denpasar, Nyoman Ngurah Jimmy Sidarta beserta jajaran turut menjajaki beragam inovasi pembangunan desa/kelurahan di Kota Denpasar.

Adapun yang turut disambangi yakni Lingkungan Hijau Panjer, Kampung Hijau dan Rurung Mural di Jalan Gurita Sesetan, serta melaksanakan launching Lingkungan Hijau di Banjar Pembungan yang ditandai dengan penyerahan dan penanaman pohon.

Adapun dalam kesempatan tersebut turut didistribusikan dalam mensukseskan program lingkungan hijau yakni 200 Pohon Jempiring, 400 Bibit Sayur Sawi, 400 bibit Sayur Fokcoy, 500 pohon Majegau, 250 pohon Sandat, 250 pohon Badung, 200 pohon Toga, 500 bibit pohon Intaran, 500 bibit Cempaka, 500 Bibit Nagasari, dan 250 bibit Pohon Mundeh.

Lurah Sesetan, Ni Luh Sri Karyawati saat diwawancarai di sela kegiatan menjelaskan bahwa Keluraha Sesetan secara menyeluruh dan berkesinambungan terus melakukan inovasi dalam upaya menjaga lingkungan. Hal ini diwujudkan dengan mencanangkan program lingkungan hijau, lingkungan bebas jentik dan rurung mural dengan beragam gambaran yang memberikan pesan yang mendidik sebagai wahana sosialisasi. Bahkan, saat ini bagi masyarakat yang hendak melaksanakan pengurusan administrasi di kelurahan wajib menanam satu pohon dan turut andil dalam menjaga lingkungan.

“Dengan mengajak masyarakat ikut andil dalam menjaga lingkungan maka sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya peduli lingkungan dapat dilaksanakan sejak dini dan merata,” jelasnya.

Ketua Perkumpulan Pecinta Tanamann Kota Denpasar, Ny. IA Selly Dharmawijaya Mantra mengucapkan terimakasih karena semangat semua pihak di Kelurahan Sesetan yang tiada henti untuk terus berinovasi. Hal ini tentu menorehkan hasil positif dengan meraih Predikat Prakarti Peratama tingkat Nasional.

“Capaian yang sudah baik ini harus terus kita tingkatkan bersama, terimakasih masyarakat dan semua pihak di lingkungan Kelurahan Sesetan, semoga kesadaran ini nanti bisa menyebar di seluruh lingkungan di Kota Denpasar, hal ini karena pemerintah tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dan kesadaran masyarakat, semoga gang dan kawasan hijau dapt terwujud di Kota Dnpasar,” harapnya.

Sementara, Walikota Denpasar, IB Rai Dharnawijaya Mantra turut mengapresiasi berbagai inovasi di Kelurahan Sesetan ini. Dimana, guna menjaga lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama. Sehingga diperlukan langkah nyata guna membangkitkan semangat masyarakat untuk turut andil dalam menjaga lingkungan. “Untuk di Kelurahan Sesetan ini sangat baik, sehingga perlu ditingkatkan dan dikembangkan lagi di lingkungan lainya, sehingga selain memberikan kenyamanan, dapat menjadi sumber oksigen dan menjaga sirkulasi udara yang sehat,” jelasnya.

Selain itu, dengan adanya tiga inovasi lingkungan hijau, lingkungan bebas jentik, dan rurung mural ini tentu dapat menjadi salah satu pematik partisipasi masyaralat dalam menjaga lingkungan. Hal ini dikarenakan seni merupakan salah satu media terbaik dalam melaksanakan sosialisasi dan edukasi. “Dengan seni, khususnya mural dengan beragam pesan yang hendak disampaikan ini maka dalam proses edukasi dan sosialisasinya akan lebih efektif dalam menggugah masyarakat dan tidak menimbulkan pertentangan, semoga kedepan semua elemen dapat emmanfaatkan ruang kosong untujk berinovasi demngan berbagai program peduli lingkungan yang kedepan tentu dapat menjadi destinasi wisata baru,” harapnya. (humas-dps/bpn)