BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Setelah mengikuti seluruh rangkaian dalam rangka melaksanakan ibadah haji, seluruh jamaah asal Kota Denpasar yang berjumlah 341 orang ini telah kembali dari tanah suci dan tiba di Kota Denpasar.

Kehadiran seluruh jamaah haji Kota Denpasar yang telah sukses menjalani kewajibanya ini disambut oleh sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara mewakili Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra pada Minggu (18/11/2018) di Aula Wira Satya, Korem 163 serangkaian Pelantikan Pengurus MTP PHI Kota Denpasar serta Penyambutan Haji Kota Denpasar Tahun 2018.

Turut hadir  Ust. Kolonel H. Abu Harris M, Kandep Agama Kota Denpasar, Ketua IPHI Kota Denpasar, H. Suyono, Ketua Pimpinan Wilayah IPHI Bali, H. Maman Supratman, serta seluruh jamaah haji Kota Denpasar tahun 2018.

Dalam kesempatatan tersebut, Sekda Rai Iswara yang mengenakan pakian adat Bali ini bersama seluruh Pimpinan IPHI serta Kandep Agama Kota Denpasar turut menyematkan pin dan pengalungan sorban sebagai tanda dilantikanya seluruh jamaah haji Kota Denpasar tahun 2018 menjadi anggota Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Denpasar.

Dalam sambutanya, Ketua IPHI Kota Denpasar, H. Suyono mengatakan bahwa seluruh rangkaian tahapan ibadah haji tahun 2018 telah selesai dan seluruh jamaah asal Kota Denpasar dapat mengikutinya dengan seksama hingga secara resmi menjadi Haji.

Hal ini tentu harus dipertanggung jawabkan kepada seluruh masyarakat guna memberikan pencerahan dan pemahaman agama kepada umat. “Pertanggung jawabanya nanti kepada umat islam dan akan menjadi penutan beragama dalam kehidupan sehari-hari, serta menjadi salah satu elemen penting guna menjaga kerukunan umat beragama,” jelasnya.

Hal senada juga disampaiikan Ketua Pimpinan Wilayah IPHI Bali, H. Maman Supratman, pihaknya mengatakan bahwa menjadi Haji bukanlah sesuatu yang mudah. Melainkan memerlukan perjuangan dan pengendalian diri yang cukup panjang. “Nantinya dengan menjiwai kemabruran haji mari kita tingkatkan kesatuan dan kepedulian sosial kita di segala bidang,” jelasnya.

Sementara, Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara mengatakan bahwa pihaknya sesuai dengan arahan Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra mengucapkan selamat kepada seluruh jamaah haji yang telah sukses melaksanakan ibadahnya ke tanah suci.

Kedepan, dengan bertambahnya jumlah haji di Kota Denpasar ini tentu diharapkan mampu memberikan vibrasi positif dalam pembangunan dan menjaga kerukunan umat beragama di Kota Denpasar. “Besar harapan kami  seluruh haji di Kota Denpasar dapat bersinergi memberikan sumbangsih ilmu serta pemikiran dalam mendukung pembangunan di segala lini Kota Denpasar menuju kesejahteraan rakyat,” harapnya.

Rai Iswara menambahkan,  haji harus mampu mengaplikasikan berbagai ilmu pengetahuannya di tengah masyarakat. Sehingga, apa yang telah dipelajari dan menjadi kewajiban dapat terlaksana dengan baik. “Sekali lagi selamat bagi para jamaah haji, semoga dapat menjalankan kewajiban dan tanggung jawab dengan baik,” pungkasnya. (ags/humas-dps/bpn)