BALIPORTALNEWS.COM – Sebagai wujud apresiasi atas prestasi pemuda di berbagai bidang, pada momentum 90 tahun Sumpah Pemuda, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI melalui Deputi Bidang Pengembangan Pemuda melaksanakan Malam Anugerah Pemuda Pelopor Tahun 2018 yang terdiri dari kategori Pemuda Pelopor, Wirausaha Muda Berprestasi dan Penggerak Wirausaha Muda Berprestasi Tingkat Nasional serta Anugerah Kabupaten/Kota Layak Pemuda Tahun 2018, Senin (29/10/2018) di Bali Samudera, Jakarta Utara.

Pada kesempatan tersbut, Kota Denpasar turut dianugrahi penghargaan Kota Layak Pemuda 2018 Kategori Madya yang diserahkan oleh Sekjen Kemenpora, Gatot Sulistianto Dewa Broto kepada Wakil Walikota Denpasar, I.G.N Jaya Negara. Sedangkan penghargaan kategori wirausaha muda pemula berprestasi Tingkat Nasional, Bidang Pangan dan Kuliner diserahkan oleh Menpora RI, Imam Nahrawi kepada Made Windu Segara Senet yang merupakan pemilik Mangsi Grill and Caffee.

Dalam sambutannya Menpora RI, Imam Nahrawi mengatakan pihaknya mengucapkan selamat kepada para pemenang semoga menambah motivasi dan semangat. Kemudian untuk kabupaten/kota diharapkan dapat memberikan  ruang yang luas bagi peran serta kaum muda. Acara ini sangat penting sekali bukan hanya sekedar simbolis semata karena kegiatan ini nantinya akan memberi peran dan ruang yang besar bagi keterlibatan anak-anak muda yang kreatif dan bertalenta ini. “Penting sekali bagi kami untuk mengantarkan anak-anak muda ini sebagai pemimpin yang hebat serta menjadikan mereka generasi hebat juga  dan membuat sejarah seperti yang dilakukan oleh para pendahulu kita 90 tahum silam,” pungkasnya semabri mengajak seluruh undangan untuk mengucapkan bersama Sumpah Pemuda.

Wakil Walikota Jaya Negara didampingi Kadisdikpra Kota Denpasar, I Wayan Gunawan dan Kabid Pemuda dan Olahraga Disdikpora, AA Made Wijaya Asmara mengucapkan bererima kasih serta mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Kemenpora RI ini. Capaian ini tak lepas dari peran serta semua elemen masyarakat dalam mendukung pembangunan di Denpasar yang ramah bagi semua kalangan tak terkecuali kepemudaan. Menurutnya, dari penganugrahan ini dapat menjadi momentum historis untuk mempersatukan semua elemen bangsa guna menghadapi semua tantangan secara bersama-sama.

Seperti diketahui bersama, Pemkot Denpasar selama ini telah memberikan ruang seluas-luasnya untuk kegiatan kepemudaan di Kota Denpasar dengan sarana pendukung. Seperti halnya Youth Park, Denpasar Art Space, Taman Photography, Exstrime Park, Videotron Amphitheater, seni mural serta berbagai ruang kreatif lainya.  Sehingga ide kreatif pemuda dapat terfasilitasi menuju pembangunan Denpasar yang berkelanjutan. “Kedepan partisipasi pemuda akan terus kami libatkan karena di tangan pemudalah masa depan ini kita gantungkan. Selain itu pemuda diharapkan mampu menjaga eksistensi serta menjaga kearifan lokal yang ada di Bali serta mampunyai jiwa kreatif dan visioner,” pungkasnya.

Sementara Made Windu Segara Senet mengatakan dirinya sangat mendukung pelaksanaan program tahunan Kemenpora ini. Program ini adalah wahana untuk mengasah semangat kompetisi yang harus dimiliki pengusaha dan pemuda. Atas penghargaan ini kami cukup berbangga karena membuktikan adanya bisnis dan brand anak muda dari Denpasar yang mampu bicara lebih banyak di panggung kompetisi nasional. Pemkot Denpasar di bawah kepemimpinan Walikota Rai Mantra dan Wawali Jaya Negara, telah banyak memberi berbagai dukungan dan pembinaan bagi perkembangan wirausaha muda seperti memberi pembinaan melalui program Rumah Perubahan Renal Kasali serta lainnya.

“Kini semangat wirausaha telah tersemai baik di Denpasar. Jumlah wirausaha muda di kota ini juga semakin besar. Kedepannya, Pemkot diharapkan tetap memberi pembinaan pada wirausaha muda dan melahirkan berbagai terobosan yang dapat membantu wirausaha muda untuk tumbuh dan memiliki daya tahan. Salah satu hal yang sangat mungkin dilakukan adalah dengan membuka akses permodalan dan investasi bagi wirausaha muda,” kata pria ramah  yang gemar melukis ini. (ngurah/humas-dps/bpn)