Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Sidang tahunan IMF-WB 2018 di Nusa Dua, Bali hari ini berakhir, Minggu (14/10/2018) kemarin. Dari seluruh rangkaian kegiatan tersebut, pemerintah Indonesia khusususnya Provinsi Bali dinyatakan sukses menjadi tuan rumah. Selain berjalan aman dan lancar, tercatat sebanyak 34.000 delegasi dari 189 negara datang ke Bali.

Kesuksesan tersebut bisa dicapai karena koordinasi diseluruh stakeholder yang tergabung dalam kepanitiaan berjalan dengan baik dan maksimal. Tetapi, hal yang paling penting dari suksesnya perhelatan terbesar sejak jaman Kerajaan Majapahit itu adalah bagaimana pemerintah Indonesia yang terus berkoordinasi dan meyakinkan IMF untuk menjamin keselamatan maupun keamanan para peserta Annual Meetings.

Baca Juga :  Dewan Provinsi Bali Sampaikan Raperda Inisiatif Tentang Insentif Investasi dan Pengarusutamaan Gender

Apresiasi pun datang dari pihak IMF-WB untuk Kepolisian Daerah Bali. Mereka mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kapolda Bali, Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose yang sudah menjaga keamanan dengan baik, ketat, tegas namun humanis dan menciptakan suasana sejuk, sehingga para delegasi merasa aman dan nyaman selama mengikuti sidang tahunan di Bali.

Saat dikonfirmasi, Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose membenarkan bahwa pihak IMF-WB memberi apresiasi terhadap kinerja Polri saat melaksanakan pengamanan. Sinergitas TNI-Polri dari tingkat atas sampai bawah berjalan dengan baik.

Baca Juga :  Dewan Provinsi Bali Sampaikan Raperda Inisiatif Tentang Insentif Investasi dan Pengarusutamaan Gender

“Saya nilai, pengamanan ini sangat luar biasa. Koordinasi antar Satgas berjalan optimal sehingga seluruh kegiatan IMF-WB dapat diamankan sesuai rencana yang telah ditentukan. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Polri dan TNI yang terlibat dalam pengamanan ini,” kata jenderal lulusan Akpol tahun 1988 ini, Minggu (14/10/2018) kemarin siang.

Dijelaskannya, persiapan pengamanan IMF-WB sudah dilakukan dari satu setengah tahun yang lalu. Tidak hanya di internal kepolisian, Kapolda juga melakukan berbagai kegiatan dengan instansi lainnya terutama dalam koordinasi komponen pengamanan.

Baca Juga :  Dewan Provinsi Bali Sampaikan Raperda Inisiatif Tentang Insentif Investasi dan Pengarusutamaan Gender

“Semua kegiatan sudah kita lakukan. Tujuannya, untuk meyakinkan panitia IMF dan dunia bahwa Polri mampu mengamankan event ini,” ujar Kapolda Bali.

Sebelum event ini digelar di Bali, Kapolda mengaku sudah dua kali ke Amerika Serikat untuk mengikuti Annual Meetings dan Spring Meetings. Dalam pertemuan itu, Kapolda memaparkan kesiapan pemerintah Indonesia menjadi tuan rumah dan menyatakan Provinsi Bali siap menjadi tempat berlangsungnya IMF-WB. (bina/polda-bali/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News