BALIPORTALNEWS.COM – Avanada adalah sebuah band asal Jakarta yang namanya diresmikan pada 2 Agustus 2018. Setelah beberapa kali terjadi pergantian personil, kini Avanada terdiri dari RayaBilly (vokal, gitar, kibor, dan vocal latar), Audi Indrayahya (gitar, vocal latar), dan Danang Prionggo (bas, vocal latar).

Musik Avanada terpengaruh dari beberapa band seperti Kodaline, Snow Patrol, Sterophonics, Fanfarlo, dan The Boxer Rebellion.

Setelah merilis single The Truth pada 5 Agustus 2017 dalam format digital, pada 25 Oktober 2018, Avanada merilis ulang single tersebut dalam format CD terbatas dengan tambahan 2 lagu yaitu, Fall dan Terang (Remix). Ini adalah langkah baru dari Avanada di sela mempersiapkan album debutnya yang lama tertunda.

Seluruh lagu yang terdapat dalam CD diciptakan oleh sang vokalis sekaligus gitaris, RayaBilly dan dirilis oleh label independen asal Jakarta, Negaraya.

Selain di Indonesia, The Truth telah mengudara di berbagai media luar negeri seperti Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Italia, hingga Jepang. Bahkan single tersebut beberapa kali mendapatkan apresiasi yang sangat baik seperti #1 charts di KB Radio Kanada (2017), Song of the Week di Radio Piemonte Torino Italia (2017), Great Music All the Time di Flobcast Radio UK (2017), dan #3 DCDC Music Chart Indonesia (2017).

Karena antusiasme dan apresiasi yang begitu besar, maka Avanada memutuskan untuk merilis ulang single itu dalam format fisik, dengan harapan semakin memperluas jangkauan mereka meraih hal baik dalam bermusik. Namun, format fisik tersebut hanya bisa didapat ketika Avanada berada dalam sebuah acara, dan tidak untuk dijual.

The Truth juga bisa didengarkan hampir di seluruh digital platforms seperti iTunes, Spotify, Deezer, Amazon Music, Apple Music dan masih banyak lagi – namun tidak termasuk dua lagu tambahan yang terdapat dalam rilisan fisiknya. (r/bpn)