BALIPORTALNEWS.COM – Universitas Gadjah Mada (UGM) sepakat menjalin kerja sama dengan Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas (STT Migas) Balikpapan dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kesepakatan kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM dr.Ika Dewi Ana, M.Kes., Ph.d., dan Ketua STT Migas Balikpapan Lukman, S.T., M.T., di Ruang Tamu Rektor UGM, Selasa (25/9/2018).

Lukman menyampaikan ucapan terima kasih kepada UGM atas kesediaan menjalankan kerja sama. Dia menuturkan bahwa kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di kampusnya masih sangat terbatas. Karenanya melalui kerja sama ini diharapkan bisa memacu dan menghidupkan kegiatan penelitian di kampusnya.

“Penelitian di kampus kami masih sangat minim untuk itu mohon bantuan dan bimbingan dari UGM agar kami lebih mampu lagi dalam penelitian,” ucapnya.

Ika Dewi Ana menyambut baik kerja sama yang dilakukan. Kerja sama ini dapat memperkuat kedua belah pihak dalam menjalankan tugas dan fungsi dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“UGM tidak bisa sendiri dalam melakukan apapun, termasuk pendidikan, penelitian, dan pengababdian masyarakat. Tanpa kerja sama yang baik dengan perguruan-perguruan tinggi di Indonesia kepemimpinan dan kedaulatan bangsa tidak dapat tercapai,” jelasnya.

Melalui kerja sama ini nantinya diharapkan dapat bersama-sama mengembangkan secara lebih lanjut potensi yang ada di Balikpapan, termasuk di sektor pariwisata.

“Balikpapan memiliki potensi alam yang cukup besar untuk dikembangkan dan hal ini jika dikerjasamakan dengan masyarakat dan STT Migas Balikpapan untuk pengembangan pariwisata akan sangat luar biasa,” katanya. (ika/humas-ugm/bpn)