BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Trias Unit Kesehatan Sekolah (UKS) diarahkan dapat membentuk prilaku anak-anak untuk hidup. Untuk itu Trias UKS jangan hanya sebagai slogan tetapi hendaknya harus menjadi karakter dalam kehidupan sehari-hari. Demikian disampaikan Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara saat penilaian UKS SMP Dharma Wiweka yang mewakili Kota Denpasar untuk tingkat provinsi Bali, Jumat (28/9/2018). Penilaian ini dihadiri Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. IA Selly D. Mantra serta Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr. Luh Putu Sri Armini.

Lebih lanjut Rai Mantra dalam sambutan tertulisnya menyampaikan berbagai langkah yang dilakukan untuk mendukung kegiatan usaha kesehatan diantaranya pembinaan pencegahan kanker serviks melalui pemberian vaksin geratis, melaksanakan imunisasi japanese encepphalitis dan pembinaan kantin sehat. Disamping itu juga melaksanakan pembinaan perilaku hidup sehat pada semua anak-anak sehingga dapat di ketok tularkan melalui keluarga masing-masing. Rai Mantra berharap pembinaan UKS dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan untuk semua sekolah yang ada di Kota Denpasar. SMP Dharma Wiweka merupakan salah satu sekolah terbaik yang ada di Kota Denpasar yang telah mampu memenuhi kreteria sekolah sehat. Dengan adanya pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat diharapkan dapat membentuk agen-agen perubahan melalui keluarga dan masyarakat.

Ketua Tim Penilai Provinsi Bali  AA Gede Geriya menyampaikan lomba UKS merupakan suatu evaluasi untuk unit kesehatan sekolah dan menjadi salah satu pembinaan mewujudkan sekolah sehat. Hal ini dapat meningkatkan derajat kesehatan secara berkesinambungan yang dipadukan dengan kearifan lokal. Ini merupakan konsep dasar trias UKS dalam mencapai visi dan misi UKS. Disamping itu melalui lomba UKS ini digharapkan menjadi panduan bagi siswa untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Disamping itu evaluasi ini menjadi momentum untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. “Kami berharap kegiatan UKS ini jangan hanya dilakukan saat lomba. Melainkan harus terus dilaksanakan secara berkelanjutan,” ujarnya.

Kepala Sekolah SMP Dharma Wiweka Nyoman Mariana mengatakan berbagai inovasi telah dilaksanakan mulai dengan membentuk kelompok kesehatan remaja (KKR). Dimana KKR ini mempunyai peran memberikan penyuluhan pada siswa-siswa untuk terus berperilaku hidup sehat. Disamping itu menurut Mariana pihaknya selalu melibatkan anak-anak melakukan penyuluhan pemberantasan sarang nyamuk salah satu untuk prilaku hidup sehat. “Kami terus membuat berbagai terobosan untuk menwujudkan sekolah sehat. Disamping inovasi juga melibatkan semua stake holder mulai dari lurah sampai Pemerintah Kota Denpasar termasuk juga yayasan SMP Dharma Wiweka,” ujarnya. (gst/humas-dps/bpn)