Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Meski telah secara resmi tahapan Kampanye Pemilu Tahun 2019 dimulai sejak 23 September 2019, namun tidak menyurutkan semangat segenap komponen pelaksana pemilu, peserta pemilu dan stakeholder terkait untuk mewujudkan pelaksanaan pemilu damai di Kabupaten Badung.

Deklarasi Damai sebagai bentuk prakarsa antara KPU Kabupaten Badung dan Polres Badung, dilaksanakan di halaman Kantor KPU Kabupaten Badung, Jumat (28/9/2018), melalui serangkaian seremonial berupa penandatanganan Piagam Deklarasi Damai, pengerekan Bendera Partai peserta pemilu, dan pelepasan balon warna-warni.

Melalui penandatanganan Piagam Deklarasi Damai segenap peserta pemilu menyatakan sikap untuk turut menjaga pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 yang aman, damai dan sejuk, mentaati segala bentuk peraturan terkait pemilu, turut serta menjaga keamanan dan ketertiban, mendukung kepolisian untuk melakukan upaya penegakan hukum, bersedia menerima dan menghormati hasil pelaksanaan pemilu, serta senantiasa berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menciptakan situasi kamtibmas di Kabupaten Badung.

Dalam sambutannya, Pelaksana Harian (Plh) Ketua KPU Kabupaten Badung, Ni Luh Nesia Padma Gandi mengatakan, keberhasilan pelaksanaan pemilu bukan hanya tanggungjawab penyelenggara pemilu, namun juga berbagai pihak seperti peserta pemilu yang taat, pihak kepolisian terkait pengamanan dan pemerintah daerah dalam fasilitasi kegiatan-kegiatan penyelenggaraan pemilu.

Baca Juga :  Pilkada Badung 2024, Gusde Mahendra: Pemuda Badung Selektif Menentukan Pilihan

Kapolres Badung, AKBP Yudith Satriya Hananta, menghimbau kepada semua pihak yang terlibat dalam pemilu, utamanya partai politik agar mengedepankan upaya-upaya menciptakan situasi yang aman, kondusip dan damai, menghindari penyalahgunaan politik identitas, penyebaran isu-sisu negatif, hate-speech, dan tindakan melanggar hukum lainnya.

Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Badung, Ida Bagus Yoga Segara, yang hadir mewakili Bupati Badung, membacakan sambutan Bupati Badung yang intinya menghimbau semua pihak yang terlibat dalam Pemilu Tahun 2019, senantiasa menaati segela bentuk peraturan yang berlaku, menjaga kondusivitas selama masa Kampanye sehingga terwujud situasi aman, nyaman dan damai di masyarakat dan di wilayah kabupaten Badung.

Baca Juga :  Posko Terpadu Idul Fitri 1445 H Resmi Berakhir, Bandara I Gusti Ngurah Rai layani 1.059.069 Penumpang

Undangan yang hadir diantaranya, pimpinan maupun perwakilan Partai Politik Peserta Pemilu di Kabupaten Badung, perwakilan Dandim 1611 Badung, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Badung, Satuan Polisi Pamong Praja dan Linmas Kabupaten Badung, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Badung, Kajari Kabupaten Badung, Bawaslu Kabupaten Badung, Ketua dan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Badung.

Diujung acara dilakukan pengibaran bendera bersama-sama Parpol peserta Pemilu Tahun 2019 pada tiang bendera yang telah disediakan di halaman KPU Kabupaten Badung, dan pelepasan balon warna-warni ke udara sebagai wujud keberagaman dan kebebasan dalam berdemokrasi. (humas-badung/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News