BALIPORTALNEWS.COM – Yayasan Pita Merah Muda Bali, atau lebih dikenal sebagai Bali Pink Ribbon (BPR), sudah membuka pendaftaran sekaligus even penggalangan dana, Pink Ribbon 5KM Fun Walk and Run ke-10. Even ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 20 Oktober 2018 di kawasan ITDC Nusa Dua. Acara jalan santai ini akan menggalang dana untuk kegiatan Bali Pink Ribbon dalam mendukung program edukasi kanker payudara bagi kaum wanita di Bali.

“Saya bangga atas pencapaian BPR selama 10 tahun terakhir, ketika yayasan kami masih didukung oleh parta sukarelawan di Bali namun dengan tekad yang kuat untuk mengedukasi dan memotivasi masyarakat tentang pentingnya kesadaran kanker payudara,” ungkap Gaye Warren, penggagas Bali Pink Ribbon. “Kami masih memiliki kegiatan yang butuh pendanaan dalam tahun ini yang kami harapkan bisa digalang dari kegiatan jalan santai ini, diantaranya pembelian mobile USG, mendirikan Rumah Singgah untuk pasien kanker payudara yang masih dalam perawatan dan membeli minibus untuk transport pasien dan dokter ke wilayah pelosok.”

Peserta bisa berlari, berjalan, menjadi sukarelawan atau memberikan sumbangan untuk membantu BPR menyelamatkan nyawa dan memberikan dukungan edukasi maupun kesehatan. Kegiatan selama even diantaranya skrining payudara gratis bagi peserta, food truck, market stall, musik, dan memorial line. Hadiah yang disediakan bagi peserta diantaranya, hadiah utama satu motor Kawasaki trail, uang tunai dan vouchers untuk kategori kostum terbaik. Tiket dijual dengan harga 200K untuk lari, termasuk BIB, kaos dan medali, dan 150K untuk jalan termasuk BIB dan kaos.

Selama 10 tahun terakhir Bali Pink Ribbon telah mendatangkan perubahan positif bagi perempuan dan keluarga di Bali. Melalui kampanye media massa, kegiatan skrining dan program untuk menjangkau di daerah terpencil telah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker payudara, hingga ke pelosok Bali dan pulau-pulau sekitarnya. Bali Pink Ribbon jalan santai, yang sudah dimulai sejak tahun 2009, dilaksanakan di bulan Oktober yang menjadi bulan kesadaran kanker payudara. Penggagas yayasan, Gaye Warren, yang merupakan penyintas, terinspirasi oleh Pink Ribbon Walks yang diadakan di Inggris, negara asalnya, dan kemudian dilaksanakan di Bali dalam format yang mirip.

Bali Pink Ribbon Walk 2018 didukung oleh rekan medis Prima Medika Hospital, beserta Pink Tea Committee, Discovery Kartika Plaza, ITDC, The Nusa Dua, Duta Intika – Kawasaki, Ardesy, dan Cleo.

Sponsor lokal adalah Blibli.com, Kevala keramik, Desa Visesa Ubud, Hotel Indigo Seminyak, Cocoon Medical Spa, Melia Bali, Anantara Resort Seminyak, LorIn New Kuta Hotel, Finns Beach Club, Sensatia Botanica, Brave.co.id, Bali Brochure, Prime Biz Kuta, Sofitel Bali Nusa Dua, Bali Zoo, Plaga Wines, Jimbarun, The Samata Sanur, Lifestyle retreats, The Menjangan, Rheto dan The Edge Resort diantaranya, juga didukung oleh media Now!Bali dan Bali Advertiser. (r/bpn)