BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar menerima penghargaan “Dukcapil Hebat” dari Kementerian Dalam Negeri RI atas pengembangan inovasi dan besarnya dukungan kepala daerah dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan.

Penghargaan diserahkan langsung Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri RI, Prof.Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH bersama Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo,SH.,M,IP. yang diterima langsung Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara di Patra Semarang Hotel & Convention Center pada Rabu (12/9/2018).

Penyerahan piagam penghargaan diberikan pada acara pembukaan Rakornas II Kependudukan dan Pencatatan Sipil 2018, yang dihadiri 1.400 undangan dari perwakilan Gubernur, Bupati/ Walikota serta kepala Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota se-Indonesia. Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kemeterian Dalam Negeri,  Prof.Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH, mengatakan penghargaan diberikan kepada kepala daerah atas inovasi dan dukungan sebagai kepala daerah yang merupakan faktor kunci dalam mewujudkan target capaian kinerja dan kualitas pelayanan dibidang pendataan kependudukan.

“Sehubungan dengan itu, melalui Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan dan Pencatatan Sipil tahun 2018 dilakukan penilaian dan pemberian penghargaan kategori “Dukcapil Hebat” terhadap pengembangan inovasi dan besarnya pelayanan administrasi kependudukan kepada kepala daerah yang dinilai telah melakukan berbagai inovasi di daerah yang dipimpinnya,” jelas Zudan Arif.

Penghargaan Piagam Dukcapil Hebat yang diberikan kepada Pemerintah Kota Denpasar, sebagai  Reward yang diberikan kepada kepala daerah Walikota Denpasar, IB. Rai Dahrmawijaya Mantra yang dinilai telah memberikan dukungan prima terhadap peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kota Denpasar. Penghargaan yang digelar Kementerian Dalam Negeri ini, memiliki kriteria  khusus yakni kepala daerah yang memiliki beragam inovasi dan dukungan anggaran melalui APBD dengan daya ungkit yang besar serta dukungan kepala daerah secara langsung dalam aktifvitas pelayanan administrasi kependudukan.

“Kalo mau lihat pelayanan Dukcapil yang baik, bisa langsung datang ke Denpasar. Kami juga sering berkunjung langsung tanpa sepengetahuan Kepala Daerah disana dan memang benar pelayanannya bagus dan patut dicontoh daerah lain,” ujar Zudan Arif sembari mengajak peserta terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Selain Kota Denpasar yang menerima penghargaan “Dukcapil Hebat”.  Adapun Kota Surabaya, Kota Madiun dan Kota Malang memperoleh penghargaan “Dukcapil Bisa”, sedangkan Kabupaten Lebak dan Kabupaten Merauke mendapatkan penghargaan kategori “Khusus” begitu juga penghargaan “Dukcapil Selaras” diberikan kepada Lembaga yang kebijakannya berdampak luas terhadap peningkatan kualitas data dan dokumen kependudukan, dengan kriteria kategori adalah lembaga yang memiliki kebijakan berskala  nasional dan berdampak luas terhadap peningkatan  kualitas data dan dokumen kependudukan yang diberikan kepada BPJS Kesehatan.

Sedangkan penghargaan “Mitra Dukcapil” diberikan kepada organisasi kemasyarakatan (Ormas)/LSM/Lembaga Nirlaba yang berperan  aktif mendukung program administrasi kependudukan yang berskala nasional dan mampu menggerakan masyarakat dalam mendukung  tertib administrasi kependudukan di berikan kepada Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) .

Sementara Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Denpasar, AA Istri Agung mengatakan atas komitmen Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Walikota IGN Jaya Negara berbagai indikator ataupun kriteria untuk pemberian penghargaan Dukcapil Hebat memang telah dipenuhi Pemkot Denpasar, seperti fasilitas gedung pelayanan, dukungan APBD, sarana pelayanan seperti mobil keliling, printer pencetakan KTP-el, berbagai inovasi yang diterapkan seperti pelayanan cepat akurat, pelayanan system paket yang diurus secara bersamaan dalam satu paket, pelayanan akta online, system balado (barkot lacak dokumen), Akuwaras, Sicemen (Sistem cek dokumen) serta berbagai layanan inovasi lainnya.

“Penghargaan ini juga menjadi motivasi untuk kami agar kedepannya selalu lebih baik, dan berkomitmen terus mendukung berbagai inovasi Walikota Denpasar dalam upaya meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan di Kota Denpasar,” ungkap AA Istri Agung.  (eka/humas-dps/bpn)