BALIPORTLANEWS.COMFirst Media sebagai penyedia TV cable dan internet broadband terkemuka di Indonesia, menerima Social Media Award 2018 dengan indeks mencapai 66,7%, peringkat 1 (satu) untuk kategori Pay TV. Penghargaan ini diterima oleh Marketing Communication Department Head PT Link Net Tbk. (First Media) Djoko Adnan di Hotel Mulia, Jakarta (25/9/2018). Social Media Award diselenggarakan oleh majalah Marketing bekerja sama dengan MediaWave untuk memberikan pengakuan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki sentiment dan share of voice (SOV) yang baik di media sosial serta kepada merek-merek yang berhasil meraih kinerja yang baik dalam dunia digital.

Ditemui setelah menerima penghargaan, Djoko mengungkapkan, “Komunikasi yang aktif dengan pelanggan dan menggunakan berbagai kanal merupakan keharusan, apalagi di era digital saat ini. Komunikasi melalui social media dan percakapan didalamnya menjadi ukuran bagi pelanggan untuk mengambil keputusan pembelian di kemudian hari. Untuk itu penghargaan Social Media Award menjadi penting bagi First Media.”

Pemilihan penerima Social Media Award berdasarkan hasil riset yang dilakukan MediaWave sejak bulan April hingga Juli 2018. Pemenang Social Media Award adalah merek yang diperbincangkan secara positif di media sosial. Pengumpulan data dengan memonitor pembicaraan konsumen di social media termasuk social networks site (Facebook dan Twitter), blog, news, video, forum, images, dan lain-lain. Riset dilakukan menggunakan platform yang dikembangkan MediaWave. Dari hasil penggalian inilah kemudian didapatkan earned media – share of voice by sentiment yang merupakan net score dari positive brand mention ditambahkan neutral brand mention dan dikurangi dengan negative brand mention.

Penghargaan Social Media Award bagi First Media membuktikan strategi yang dilakukan First Media sudah dalam track yang benar, untuk terus berinovasi meningkatkan kualitas produk & layanan sehingga dapat terus menjadi yang terdepan; serta juga meningkatkan komunikasi ke pelanggan yang lebih intens. First Media mempermudah akses bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi, menambah layanan termasuk mendapatkan solusi dengan membuka akses komunikasi melalui berbagai kanal, terutama digital.

Kanal komunikasi digital terus dikembangkan, termasuk komunikasi melalui social media yang semakin penting, selain itu juga pelanggan dapat mengakses aset digital First Media lainnya untuk melakukan berbagai aktivitas, diantaranya adalah pengecekan status billing dan payment, serta status jaringan First Media melalui website (www.firstmedia.com dan cek.firstmedia.com), aplikasi selfcare My FirstMedia, dan yang terbaru FIA Virtual Assistant (chat via WhatsApp). Dengan tersedianya berbagai saluran komunikasi digital tersebut, saat ini sebanyak 43% interaksi pelanggan adalah melalui platform digital dan hal ini membantu customer service First Media mencapai 84% service level.

“Bagi kami, penghargaan ini merupakan bukti komitmen dan kerja keras dalam melayani pelanggan. Kami akan terus berusaha memberikan kemudahan dalam akses komunikasi pelanggan untuk memberikan kepuasan yang maksimal terhadap produk dan layanan yang telah mereka beli.”(r/bpn)