Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Presiden RI Jokowi pada Senin, (23/7/2018) mengumpulkan seluruh Walikota se-Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Dalam acara yang bertajuk Silaturahmi Presiden ini, tampak juga dihadiri langsung oleh Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut untuk mengetahui seluruh permasalahan di setiap masing-masing kota di Indonesia.

“Saya ingin mengagendakan pertemuan khusus seperti ini supaya persoalan-persoalan di kota dapat tersampaikan. Sehingga dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada di lapangan bisa segera kita lakukan,” kata Jokowi dalam arahanya.

Jokowi menerangkan, setiap Negara saat ini memiliki persoalan ekonomi, salah satunya terkait persaingan dagang antara Amerika Serikat dengan Cina. Selain itu, juga berkaitan dengan kenaikan suku bunga The Fed di AS yang kita tidak dapat mengintervens, dan semua negara mengalaminya.

Meskipun demikian, pihaknya meminta kepala daerah agar tidak khawatir sebab pihaknya ingin seluruh walikota mengetahui apa yang sedang terjadi di dunia. Kedua antisipasi terhadap perubahan-perubahan cepat dunia yang sekarang ini sedang melanda semua negara, untuk itu tidak perlu khawatir. Lebih lanjut dikatakan, revolusi industry 4.0 perubahannya mencapai 3.000 kali lebih cepat dari revolusi industri yang pertama dan ini menurut McKenzie global institute.

Baca Juga :  TUMBUH by Astra Financial Penuh Promo Menarik

“Inilah yang kita harus sadari betul bahwa akan terjadi perubahan besar yang sangat cepat sekali sehingga kota-kota juga harus menyiapkan diri dalam mengantisipasi, menyiapkan sumber daya manusia dalam rangka menghadapi perubahan yang sangat cepat,”pungkasnya.

Sementara Walikota Rai Mantra mendukung penuh kegiatan yang diselenggarakan oleh Presiden Jokowi ini. Menurutnya di Kota Denpasar tentunya sudah siap mengatasi hal tersebut, bahkan berbagai langkah telah dilakukan untuk mengatasi permasalahan industri dan perdagangan seperti dengan membangkitkan gairah pedagang serta berupaya untuk menciptakan UMKM yang handal dibidangnya yang siap bersaing di pasar global.

Baca Juga :  Pertamina F1 Powerboat Grand Prix 2024 Sukses Digelar, Kukuhkan Posisi Danau Toba Sebagai Water Sport Tourism Destination

Selain itu pihaknya juga sudah telah melaksanakan revitalisasi pasar yang tentunya dapat menunjang dan meningkatkan perekonomian di daerah. Dirinya mengaku telah memperkuat dan memproteksi pekerja dengan melaksanakan sertifikasi profesi secara menyeluruh. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah masalah infrastruktur. Baginya infrastuktur merupakan suatu hal yang sangat penting dalam mendukung lancarnya perekonomian dan setiap pembangunan di suatu daerah. Kami menyampaikan kepada presiden kendala yang dihadapi setiap kota di Indonesia terkait infrastruktur jalan karena percepatan dalam penanganannya masih terjadi tumpang tindih lantaran status jalan dikelola oleh pemerintah pusat dan propinsi.

“Kami telah melakukan berbagai program seperti halnya penguatan UMKM dengan pekerja yang tersertifikasi serta koordinasi terkait infrastruktur utamanya jalan yang mampu meningkatkan konektivitas daerah dalam menunjang pertumbuhan ekonomi. Meskipun hal tersebut masih perlu penyempurnaan untuk mewujudkan perekonomian dan pembangunan secara berkesinambungan,” pungkas Rai Mantra. (eka/humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News