BALIPORTALNEWS.COM – Koperasi Kopma UGM terpilih menjadi salah satu Koperasi Berprestasi tahun 2018 oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Selasa (26/6/2018) lalu.

Terpilihnya Koperasi “Kopma UGM” telah disahkan dalam Keputusan Menkop UKM Nomor 21 Tahun 2018 tentang Penetapan Koperasi Berprestasi tahun 2018 yang melibatkan 50 koperasi terpilih dari seluruh Indonesia. Pemilihan ini sekaligus meramaikan pelaksanaan Hari Koperasi yang dilaksanakan setiap 12 Juli.

“Koperasi Kopma UGM dikategorikan sebagai koperasi berprestasi jenis koperasi konsumen bersama 17 koperasi lainnya,” kata Ketua Umum Koperasi Kopma UGM  Mohammad Anharulfikri dalam rilis yang diteriam Jum’at (13/7/2018)

Anhar menyebutkan pencapaian koperasi Kopma UGM dalam pemilihan ini melewati proses yang cukup panjang. Sebelumnya harus berkompetisi melewati serangkaian seleksi antara lain seleksi administrasi dan verifikasi lapangan oleh Kemenkop UKM setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi. Adapun kriteria penilaian dalam seleksi ini terdiri dari aspek kelembagaan, aspek usaha, dan aspek keuangan.

“Koperasi Kopma UGM dinyatakan berhasil menjadi satu dari tiga koperasi asal Provinsi D.I. Yogyakarta yang mendapat gelar Koperasi Berprestasi 2018,” tuturnya.

Anhar mengatakan dengan prestasi yang berhasil diraih membuktikan bahwa Koperasi Kopma UGM” tidak hanya memiliki usaha dan perolehan SHU yang besar saja. Menurutnya, Koperasi Kopma UGM juga mampu menerapkan prinsip-prinsip koperasi, menyejahterakan anggota, karyawan, dan masyarakat, serta tentu memiliki finansial yang kesehatan.

Tidak hanya itu, Koperasi Kopma UGM juga berhasil menunjukkan keunggulannya dengan menjadi pelopor Olimpiade Koperasi Siswa Nasional. Disamping hal tersebut juga menunjukkan profesionalitas mahasiswa UGM sebagai sumber daya manusia pengelola organisasi.

Bagi Anhar keberhasilan Koperasi Kopma UGM menjadi salah satu koperasi berprestasi adalah sebuah proses panjang. Prestasi ini merupkan hasil kerja kolektif dari banyak era kepengurusan.

“Kemenangan ini adalah milik keluarga besar Kopma UGM, anggota, kepengurusan, alumni, pembina, penasihat, karyawan, dan civitas academica UGM,” katanya.

Anhar berharap prestasi ini bisa memotivasi keluarga Koperasi Kopma UGM untuk menjadi lebih baik di masa mendatang. Terus berinovasi dan meningkatkan kemanfaatan organisasi ini untuk anggota, warga UGM, serta dunia perkoperasian Indonesia. (ika/humas-ugm/bpn)