BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Keluarga merupakan wahana pertama dan utama untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Keluarga adalah sekolah pertama bagi anak-anak untuk menumbuhkan sifat peduli dan karakter yang kuat, oleh karena itu kita harus menjadi orang tua yang bijaksana dan cerdas untuk mengantarkan putra-putri kita menjadi generasi emas bagi Bangsa dan Negara.

Hal ini disampaikan Gubernur Bali dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra saat Peringatan puncak Hari Keluarga Nasional ke-25 dan Hari Koperasi ke-71 di Gedung Kesenian DR.IR Soekarno-Kabupaten Jembrana, Jumat (20/7/2018).

Melalui Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-25 dengan tema “Cinta Keluarga, Cinta Terencana dan Cinta Indonesia” Pemerintah dan  instansi terkait mengajak para orangtua untuk senantiasa menjadi yang terbaik bagi anak-anak dan tidak pernah lelah memberikan nasehat kebaikan kepada anak-anak kita semua, dan selalu memberikan keteladanan sekaligus menjadi teladan bagi perkembangan mental, sosial dan spiritual agar dapat melakukan kegiatan yang positif bagi perkembangan jiwa dan karakter mereka.

Jika digunakan untuk memberikan perhatian terhadap pertumbuhan dan perkembangan masa depan anak kita, memberikan pengayoman dan perhatian dalam 1000 hari pertama kehidupan mereka, apakah keluarga sudah memberikan pola asuh yang baik dan benar sejak mereka balita dan remaja, apakah sudah memberikan perhatian dan perlindungan kepada para lansia, dan apakah keluarga sudah menjalankan Dharma Negara dengan baik. Hal itulah sebagai pedoman pola asuh dan keberlanjutan dalam mencapai kesuksesan dalam pendidikan karakter.

Sehingga melalui peringatan Harganas ke XXV ini, Pemerintah Indonesia berharap mampu menjadikan Hari Keluarga Nasional kali ini sebagai momentum untuk mengangkat dan mengingat tentang 4 (empat) konsep dasar makna keluarga yaitu keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berbudaya dan keluarga berbagi.

Sementara peringatan hari koperasi ke 71 dengan mengangkat Tema “penguatan koperasi mendorong pertumbuhan ekonomi nasional” diharapkan mampu menjadi momentum untuk mempertahankan komitmen dan segenap Insan Koperasi untuk senantiasa berupaya memajukan koperasi serta memanfaatkan perannya agar benar-benar mampu meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat luas.

Selain itu,  Hari Koperasi ini diharapkan mampu bermakna sebagai wahana untuk memantapkan komitmen dan sinergitas seluruh pemangku kepentingan serta seluruh Insan koperasi guna turut mendorong memajukan koperasi, sekaligus mengevaluasi kontribusinya bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat kita.

Untuk tahun ini pengembangan koperasi yang memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional merupakan salah satu peran pemerintah untuk melakukan pemerataan ekonomi, sehingga mampu mengingatkan kita semua untuk bersama-sama membangun dan bekerja keras dalam mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah.

Sementara itu, Kepala BKKBN dr. Sigit Priohutomo mengatakan bahwa untuk mewujudkan keluarga yang sehat, sejahtera dan melahirkan generasi muda yang baik dapat dimulai dari perencanaan yang baik pula, jika perencanaan dilakukan dengan baik maka semua akan menjadi lebih mudah dan kedepannya akan lebih siap dalam menghadapi permasalahan yang datang.

Pada kesempatan ini, Sekretaris Daerah Provinsi Bali mewakili Gubernur Bali menyerahkan sejumlah piala dan piagam bagi para pemenang lomba, salah satunya lomba pengembangan koperasi dan pemasarannya, koperasi dalam layanan terhadap konsumen yang terangkum dalam lomba “Koperasi yang Berkinerja dengan Baik” tingkat Provinsi Bali, serta sejumlah lomba bagi para remaja yang terangkai dalam kegiatan Harganas ke 25 salah satunya “Pidato Kependudukan”.

Hadir pula dalam acara tersebut, perwakilan OPD se-Bali, PKK se-Bali serta undangan lainnya.(humas-bali/bpn)