Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemberian imunisasi kepada anak sangat penting dilakukan sejak dini sebagai langkah pencegahan terhadap penyakit menular. Sebelumnya Pemkot Denpasar melalui Dinas Kesehatan gencar melaksanakan imunisasi Japanese Encephalitis (JE) yang kali ini dilanjutkan pada bulan Agustus hingga September mendatang dengan imuniasasi Measles Rubella (MR) gratis secara serentak.

Hal tersebut terungkap dalam pelaksanaan sosialisasi imunisasi Campak dan Rubella, Selasa (17/7/2018) di ruang pertemuan Sewaka Mahottama Gedung Sewaka Dharma, Lumintang.

Soialisasi dipimpin Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Denpasar dr. Ida Bagus Ekaputra kepada sekolah, rumah sakit, puskesmas, unsur desa/lurah hingga instansi terkait. Menurut dr. Eka langkah awal dilakukan dengan sosialisasi yang melibatkan unsur terkait dengan harapan nantinya informasi pelaksanaan serentak imunisasi MR dapat tersampaikan secara baik di masyarakat.

Untuk pelaksanaan imunisasi yang dilakukan pada bulan Agustus dan September mendatang dengan menyasar anak usia 9 bulan dan dibawah 15 tahun. Sebelumnya imunisasi MR ini dilakukan secara langsung orang tua oleh dokter anak. Namun melihat dampak dari penularan penyakit selama enam dasawarsa dari tahun 1982 hingga 2017  membuat pemerintah pusat mencegah dengan langkah imunisasi.

Baca Juga :  Sekda Dewa Indra Apresiasi Hasil Rilis BPS terhadap Perkembangan Perekonomian di Bali

Termasuk imunisasi MR secara bertahap dilakukan ditahun 2017-2018 yang kali ini menyasar pulau Bali. Jika hal ini tidak dilaksanakan dapat menyebabkan penyakit Rubella dan Congenital Rubella Syndrome (CSR). Dengan gejala demam dan ruam ringan, tingkat penularan sangat tinggi, infeksi selama masa kehamilan, dapat menyebabkan abortus spontan atau cacat lahir (CSR).

“Kasus Rubella menyebabkan cacat lahir bila terinfeksi selama masa kehamilan, ini tidak ada obatnya sehingga pencegahan melalui imunisasi menjadi penting yang nantinya anak setelah imunisasi dapat kebal seumur hidup,” ujarnya.

Baca Juga :  APBD Induk Tahun 2024, Pemkot Denpasar Prioritaskan Pembangunan Gedung di 11 Sekolah

Lebih lanjut menurut dr. Eka Vaksin MR yag digunakan untuk imunisasi campak dan Rubella efektif dan aman. Satu-satunya vaksin MR yang telah mendapat rekomendasi Badan Kesehatan Dunia dan sudah digunakan di lebih dari 140 negara untuk eliminasi penyakit Campak dan Rubella. Dilaksankannya kampanye imunisasi masal MR yang bertujuan untuk meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap campak dan rubella secara cepat.

Disamping itu memutuskan transmisi virus campak dan rubella, menurunkan angka kesakitan akibat peyakit campak dan rubella serta menurunkan angka kejadian CRS. Dilaksnakan kampanye ini dengan harapan dapat mencapai taget cakupan sebanyak 95 persen, sehingga dukungan yang kuat sangat diperlukan untuk mencapai keberhasilan kampanye imunisasi MR. (pur/humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News