PT Link Net Tbk. Masuk 100 Perusahaan Dengan Nilai Brand Paling Berharga

BALIPORTALNEWS.COM – PT Link Net, Tbk pemimpin dan pionir di industri TV kabel dan Internet broadband di Indonesia dengan brand First Media memenangkan penghargaan Indonesia’s Top 100 Most Valuable Brands 2018 yang diselenggarakan hari ini (31/5/2018) lalu di Shangri-La Hotel, Jakarta. Indonesia’s Top 100 Most Valuable Brands 2018 adalah apresiasi terhadap 100 merek perusahaan dan produk terbaik yang memiliki skor tertinggi di Indonesia. First Media masuk ke dalam Top 100 Most Valuable Brands ini merupakan testimoni kepuasaan pelanggan terhadap komitmen First Media yang sudah dibangun selama lebih dari satu dekade untuk selalu memberikan produk dan layanan terbaik.

Pemeringkatan “Brand Value” ini diperoleh dari analisis Brand Finance terhadap Brand Strength Index (BSI) setiap perusahaan dan dari beberapa sumber seperti: informasi perusahaan, Bloomberg, laporan tahunan perusahaan – parameter kualitatif finansial dan non finansial (brand management, brand presence, brand awareness, functional performance dari suatu brand, emotional connection dan brand preference. Termasuk didalamnya pertumbuhan revenue, market share, profitabilitas, analyst ratings dan S&P ratings).

Liryawati, Chief Marketing Officer (CMO) PT Link Net Tbk pada saat penerimaan penghargaan berkata, “Brand merupakan asset tidak terlihat yang bernilai bagi perusahaan. Pengukuran nilai brand menjadi penting bagi perusahaan agar dapat memahami bagaimana posisi perusahaan serta brand yang dimilikinya, dibandingkan perusahaan lain di Indonesia serta perusahaan lainnya yang sejenis baik di tingkat Asia maupun Global. Valuasi brand juga penting ketika memperoleh IPO, delisting dari pasar saham, penilaian untuk tujuan transfer pricing atau hal-hal strategis. Kami ingin menyampaikan terima kasih atas kepercayaan pelanggan dan kerja sama yang terjalin dengan seluruh stakeholder First Media, karena tanpa mereka kami tidak akan berada di posisi saat ini. Kami senang dapat menutup semester pertama di tahun 2018 dengan menerima penghargaan bergengsi ini.”

Brand merupakan lambang dari kekuatan ekonomi negara. Global 500 Most Valuable Brand 2018 dari sepuluh teratas, delapan diantaranya dikuasai oleh Amerika Serikat. Korea dengan brand Samsung berada posisi keempat dengan nilai brand US$92,289M dan ICBC dari China menempati posisi ke sepuluh dengan nilai brand US$59,189M. Sisanya adalah dari Amerika Serikat. Dimulai dengan urutan pertama ditempati oleh Amazon dengan nilai brand US$150,811M, Apple US$146,311M, Google  US$120,911M, Facebook US$89,684M, AT&T US$82,422M, sedang Microsoft menempati posisi ke tujuh dengan nilai US$81,163M, Verizon US$62,826M ditutup urutan kesepuluh Walmart US$61,480M. Untuk 5 brand terkuat adalah Disney dengan nilai BSI sebesar 92.3;  Visa 91.6; Ferrari 91.5; Neutrogena 90.0; terakhir di urutan kelima Facebook dengan nilai BSI sebesar 90.8, sedangkan Google dan Microsoft menempati posisi tujuh dan sepuluh dengan nilai BSI sebesar 90.6 dan 90.4. (sumber: Brand Finance Global 500, 2018). (r/bpn)