BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pemerintah Kabupaten Badung bersama DPRD Badung membantu pembangunan Wantilan Pura Dalem Pakuaji, Banjar Juwet, Desa Abiansemal. Penyerahan bantuan sebesar 1 M tersebut dilakukan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa bersama Anggota DPRD Badung I Made Ponda Wirawan dan Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Badung I Bagus Alit Sucipta, serangkaian piodalan di Pura Dalem Pakuaji, Kamis (21/6/2018) lalu. Piodalan tersebut juga dihadiri Camat Abiansemal, Perbekel Abiansemal serta tokoh masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Wabup. Suiasa sangat mengapresiasi persatuan yang ditunjukan krama pengempon pura dalem pakuaji. Atas persatuan krama ini apapun pembangunan yang direncanakan akan dapat terlaksanakan dengan baik, salah satunya pembangunan wantilan ini.

Kedepan Pemkab Badung bersama Dewan akan senantiasa membantu apa yang menjadi tujuan krama. Untuk itu Suiasa mengharapkan krama dapat mendukung program kegiatan yang dilaksanakan pemkab badung. Guna mendukung pelaksanaan piodalan, Wabup Suiasa menyerahkan dana aci sebesar 25 juta.

Manggala Karya, I Wayan Budiana atas nama krama pengempon pura dalem pakuaji mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan Pemkab badung atas fasilitasi Bapak Ponda Wirawan. Bantuan ini akan dimanfaatkan untuk pembangunan wantilan di jaba sisi pura.

Untuk kedepan, pihaknya akan terus memohon dukungan pemkab Badung, terlebih akan merencanakan perbaikan sejumlah bangunan maupun pelinggih di Pura Dalem Pakuaji. Dijelaskan, Pura Dalem Pakuaji terbagi menjadi Tri Mandala, di utama mandala terdapat pelinggih padma, gedong, pengapit, bale pewedan lan pesandekan. Di madya mandala terdapat candi bentar, pengapit, bale gong, puwaregan,  panggungan, serta di soring mandala ada candi bentar dan wantilan yang dipugar sekarang. (humas-badung/bpn)