Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Mudik Lebaran telah tiba. Merayakan Idul Fitri  bersama keluarga  di kampung  halaman merupakan salah satu tradisi saat lebaran. Salah satu alat transportasi yang digunakan selain mobil, yakni sepeda motor roda dua. Perjalanan mudik yang menghabiskan waktu  berjam-jam  untuk tiba di kampung halaman dapat menimbulkan resiko tinggi,  untuk itu kondisi kendaraan yang prima sangat menunjang kelancaran perjalanan pemudik.

Berikut lima Part Safety (komponen keselamatan) yang wajib diperiksa menjelang mudik yang dirilis Astra Motor Bali, Selasa (12/6/2018), supaya perjalanan mudik nyaman. Untuk pertama yakni ban, selanjutnya rantai, lampu, klakson, dan rem. Untuk ban, merupakan komponen chassis yang berfungsi untuk menopang beban kendaraan, menyerap goncangan dari permukaan jalan, mengubah dan mempertahankan arah perjalanan, serta meneruskan gaya pengereman ke permukaan jalan, sehingga ban menjadi komponen yang sangat penting untuk selalu diperiksa tingkat ke ausannya. Guna mengetahui tingkat ke ausan ban,bisa dilihat secara visual dari telapak ban yang sudah gundul, atau bisa dilihat juga dari indicator ke ausan yang terdapat pada bagian samping ban.

Baca Juga :  Vespa Batik Hadir di Museum Batik Indonesia

Untuk rantai kendaraan, berfungsi untuk meneruskan putaran dari mesin ke roda belakang, rantai akan menjadi berbahaya apabila dibiarkan kendor, rantai yang rusak atau kendor berisiko terlepas /putus saat dikendarai atau terlilit. Selalu periksa kekendoran rantai, dan lakukan penyetelan dengan jarak toleransi kekendoran 2-3 cm, serta jangan lupa untuk dilumasi terlebih dahulu sebelum melakukan penyetelan,menggunakan oli baru dengan kekentalan 80-90W, atau dapat juga menggunakan cairan pelumas rantai yang sudah banyak dijual di pasaran. Selain itu, lakukan penggantian rantai roda apabila sudah tidak bisa dilakukan penyetelan lagi.

Sementara motor yang tidak menggunakan rantai roda  (motor tipe matic) selalu lakukan penggantian V-Belt setiap 24.000 km. Selain rantai, perlu juga diperiksa lampu (sistem penerangan). Sistem beban dari kelistrikan ini, berfungsi untuk menerangi jalan untuk memberikan penglihatan bagi pengendara dan juga pengendara lain menyadari kehadiran anda, dan lampu sein berkedip untuk mengetahui anda akan berbelok. Klakson, berfungsi untuk memperingatkan atau memberikan sinyal kepada pejalan kaki atau kendaraan di sekitar anda, periksa terhadap tombol klakson apabila suara terdengar redup atau segera lakukan pemeriksaan ke AHASS terdekat apabila tidak keluar suara pada saat tombol ditekan.

Baca Juga :  Komunitas Matic Kymco Jembrana Peringati HUT Ke-6

Yang kelima, yakni rem. Komponen yang berperan untuk mengurangi kecepatan kendaraan ini, merupakan komponen yang sangat penting untuk selalu diperiksa. Di pasaran ada dua jenis rem yang digunakan, yakni tipe rem tromol dan tipe rem hidrolis, beda jenis rem beda pula cara pemeriksaannya. Untuk rem tipe tromol lakukan pemeriksaan dengan melihat pada indikator keausan yang terdapat pada tromol itu sendiri. Semoga tips ini bermanfaat untuk pemudik, sehingga kenyamanan berkendara tetap terjaga, serta  jangan lupa tetap perhatikan keselamatan berkendara diperkuat pesan keselamatan yang digaungkan melalui kampanye #Cari_Aman. (ngr/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News