Lomba Siskamling, Pos Kamling Batu Lompeh Tianyar Wakili Polres Karangasem

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Setelah mendatangi wilayah Buleleng, Bangli, Klungkung, Denpasar, Badung, Tabanan dan Gianyar, Tim Penilai Lomba Siskamling dan Bhabinkamtibmas Polda Bali melakukan penilaian ke wilayah Karangasem. Tim yang dipimpin langsung Wadir Binmas Polda Bali, AKBP Dra. Ni Wayan Sri Yudayatni Wirawati, S.I.K. mendatangi Pos Kamling Batu Lompeh di Banjar Darmawinangun, Desa Tianyar Timur, Kubu, Senin (18/6/2018).

Kedatangan tim penilai disambut ratusan warga diiringi Gambelan Baleganjur. Bahkan Camat Kubu, I Made Suartana, S.STP., Kasat Binmas Polres Karangasem AKP I Gede Sunjaya, S.H., Kapolsek Kubu AKP I Made Suadnyana, S.Sos., Danramil 1623-08 Kapten I Gede Taman juga turut menyambut kedatangan tim penilai yang berjumlah lima orang ini.

Dari sejumlah tempat yang sudah didatangi, Pos Kamling Batu Lompeh paling berbeda. Selain bangunannya yang bersih, luas dan kokoh serta penempatan peralatan yang tersusun rapi, anggota Pos Kamling Batu Lompeh juga memperagakan senam borgol, cara memadamkan api saat terjadi kebakaran dan penanganan kasus pencurian. Meskipun anggota pos kamling kebanyakan yang sudah tua, tetapi semangat mereka layak diancungi jempol.

Perbekel Desa Tianyar Timur, Drs. I Ketut Wija dalam mengucapkan terima kasih kepada Polres Karangasem yang sudah mempercayakan kepada Pos Kamling Batu Lompeh untuk mengikuti lomba Siskamling di tingkat Polda Bali. Ia berharap tim penilai dapat memberikan penilaian secara obyektif terkait kondisi pos kamling yang ada saat ini.

“Dengan adanya lomba pos kamling ini, mudah-mudahan bisa memacu pos kamling lain untuk berbuat yang lebih baik lagi,” ucapnya.

Drs. I Ketut Wija menjelaskan bahwa Pos Kamling Batu Lompeh sudah berdiri sejak tahun 1965 silam. Bangunan yang berukuran 7 x 5 meter itu dibangun diatas tanah swadaya dari masyarakat, tanpa ada bantuan dari pemerintah maupun desa.

Desa Tianyar Timur terdiri dari 4 Banjar, yaitu  Banjar Darmawinangun, Eka Adnyana, Palet dan Pulasari. Pihaknya mengaku mengalami kendala untuk memantau situasi keamanan lingkungan, karena faktor luas wilayah dengan penduduknya yang cukup padat. Untuk itu, keberadaan pos kamling sangat dibutuhkan untuk memudahkan pelayanan keamanan di masing-masing lingkungan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada aparat kepolisian khususnya Bhabinkantibmas Polsek Kubu yang tidak henti-henti melakukan pembinan terhadap pos kamling yang ada di wilayah Desa Tianyar,” imbuhnya.

Sementara Wadir Binmas Polda Bali, AKBP Dra. Ni Wayan Sri Yudayatni Wirawati, S.I.K. mengatakan, kegiatan Lomba Siskamling dan Bhabinkamtibmas digelar dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-72. Dari sembilan kabupaten/kota yang mengikuti lomba akan ditentukan Juara I, II,III dan Harapan I, II, III. Bagi yang terpilih sebagai Juara I akan mewakili Bali dalam Lomba Siskamling dan Bhabinkamtibmas di tingkat nasional (Mabes Polri).

Jumlah pos kamling yang ada mencapai puluhan unit di wilayah Tianyar membuktikan bahwa tingkat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya keamanan sudah sangat tinggi. “Saya melihat wilayah Batu Lompeh sangat baik dan bagus. Saya yakin di wilayah ini ada pemimpin desa yang hebat, yaitu perbekel Desa Tianyar Timur,” tegasnya.

Kemudian mantan Kapolres Klungkung ini mengajak seluruh masyarakat, untuk terus berdoa agar Gunung Agung tidak mengalami erupsi, karena wilayah ini masuk dalam KRB 3. Selain itu, Bali juga akan menjadi tempat digelarnya IMF-WB Annual Meeting 2018 yang akan dihadiri 18.000 delegasi dari 189 negara di dunia.

“Doa ini kita panjatkan dalam rangka  mewujudkan rasa aman dan nyaman di wilayah Bali. Event terbesar ini kita sambut dengan rasa suka cita sehingga membawa berkah bagi masyarakat Bali dan Indonesia umumnya. Oleh karena itu, keberadaan pos kamling harus dioptimalkan. Situasi keamanan harus tetap terpelihara mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga tingkat kabupaten,” harap AKBP Dra. Ni Wayan Sri Yudayatni Wirawati, S.I.K.(bina/polda-bali/bpn)