Giri Prasta Berikan Strategi Menjadi UMKM Sukses dan Mandiri

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pemkab Badung melalui Dinas UKM, Koperasi dan Perdagangan menggelar seminar bertakjuk UMKM Sukses dan Mandiri di Puspem Badung, Rabu (6/6/2018) kemarin. Seminar yang dibuka langsung Bupati Badung I  Nyoman Giri Prasta tersebut menghadirkan pakar marketing ternama di Indonesia yaitu Hermawan Kertajaya. Kegiatan ini bertujuan untuk

meningkatkan perekonomian masyarakat terlebih khusus Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Badung.

Nampak hadir pada kegiatan itu, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, dan Ketua TP. PKK Kabupaten Badung Ny. Seniasih Giri Prasta, para pejabat, Ketua Kadin Badung dan pelaku UMKM se-Kabupaten Badung.

Kadis UKM Koperasi dan Perdagangan Badung, I Ketut Karpiana selaku ketua panitia melaporkan bahwa UMKM memiliki peranan yang penting dalam peningkatan perekonomian di masyarakat walaupun disaat krisis apapun. Hanya saja, kata dia, perlu didampingi dalam pengembangan kapasitas dan akses sumber daya produktif.

“Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan komitmen Bupati Badung untuk terus meningkatkan, mendorong tumbuhnya UMKM di Kabupaten Badung sesuai salah satu misinya yaitu memperkuat UMKM sebagai pilar ekonomi kerakyatan,” ujarnya.

Dikatakan juga bahwa misi tersebut telah dijabarkan dalam RENTRA untuk melaksanakan program kegiatan yang menyentuh langsung kepada UMKM dari 15.767 UMKM dan 608 Koperasi.“Terus kita dampingi baik dari segi pemberian peralatan, pelatihan SDM. Sampai pemasaran” katanya.

Untuk akses pasar disamping pemasaran secara konvensional, UMKM di Kabupaten Badung kedepannya akan menggunakan pemasaran secara online (E-comerce) melalui website https://www.badungbalitrading.com/.

Sementara Bupati Giri Prasta dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena dilakukan sebagai wujud dari kesinambungan dengan program nasional yaitu Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana.

“Saatnya Pemkab Badung harus memberi perhatian lebih kepada pelaku usaha yang berada di wilayah Kabupaten Badung. Saatnya bukan lagi masyarakat yang membantu pemerintah, namun sebaliknya pemerintah yang membantu masyarakat,” jelasnya.

Terkait dengan urusan UMKM ini, lanjut bupati asal Pelaga ini, Pemkab Badung sudah bekerja sama dengan Prasita Mulya Jakarta dalam membangun UMKM di Kabupaten Badung.

“Kami telah melakukan dokumentarisasi terkait pembenahan data usaha yang sudah ada, yang sedang berkembang dan yang akan terbentuk,” katanya.

Diterangkan juga bahwa seminar ini, wajib dilakukan dengan mendatangakan pakar ekonomi nasional dengan tujuan untuk memberikan pendidikan terhadap pelaku usaha yang ada di Kabupaten Badung.

Disamping memberikan pelatihan terhadap pelaku UMKM ini, Pemkab Badung juga akan memberikan bantuan modal kepada pelaku usaha, dan membuat badan investasi. Harapannya, badan usaha ini bisa bekerja sama dengan Badan Usaha yang ada di Desa. Sebab, ini adalah potensi yang ada milik desa.

Rencananya, kedepan UMKM di Badung akan menerapkan sistem digital milenial untuk memutus mata rantai spekulan-spekulan, tujuannya untuk bisa bersaing di tataran MEA. (humas-badung/bpn)