Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Setelah absen selama 5 musim, Sirkuit Brno akhirnya kembali disinggahi rombongan World Superbike (WSBK) dimana World Supersport 300 (WSSP300) menjadi salah satu ajang yang dilombakan.

Bagi pecinta balap motor, sirkuit yang dikenal juga dengan nama Automotodrom Brno ini merupakan salah satu sirkuit legendaris dunia. Atraksi balap di sirkuit kebanggaan Republik Ceko ini kerap mengundang banyak perhatian. Ribuan penonton selalu memenuhi tribun, dan memberi dorongan semangat tersendiri bagi pebalap. Atmosfer seperti inilah yang menonjol dari Sirkuit Brno yang sulit ditemui di sirkuit lain.

Dukungan penonton dan penggemar memang menjadi sesuatu yang dinanti oleh pebalap. Apresiasi, sorakan dan tepuk tangan dapat memicu semangat untuk memberikan penampilan yang terbaik.

Peran penonton dan penggemar sebagai penambah semangat tersebut dirasakan pula oleh Ali Adriansyah Rusmiputro. Bahkan, bagi pebalap Yamaha MS Racing itu, fans sudah dianggap bagian dari tim.

Baca Juga :  PT Honda Prospect Motor Umumkan Shugo Watanabe Sebagai Presiden Direktur Baru

“Fans adalah bagian dari tim saya juga,” ujar Ali Adriansyah yang saat ini berada di bawah naungan manajemen Mahkota Rusmindo International

Menurut Ali Adrian, apresiasi yang diberikan penonton maupun penggemar memberikan sesuatu yang positif baginya. Entah itu menambah semangat ketika terpuruk maupun penghilang rasa rindu saat harus jauh dari rumah dan kampung halaman.

“Saya sering dibuat terkesan oleh penggemar. Ada yang mengirim lukisan, ada yang jauh-jauh datang hanya untuk meminta tanda tangan saya dan sebagainya,” papar Ali Adrian.

Dengan kata lain, bagi penunggang Yamaha YZF-R3 ini penggemar memiliki peran yang tidak kecil dalam mendorong semangat pebalap untuk meraih prestasi terbaik.

Baca Juga :  Model SUV Honda Dominasi Lebih Dari 70 Persen Penjualan Honda di IIMS 2024 

Oleh karena itu menghadapi putaran kelima WSSP300 di Brno ini, Ali Adriansyah bertekad untuk memberikan yang terbaik. Tidak hanya bagi sponsor dan timnya, juga pada para pecinta balap khususnya fans yang selama ini mendukung kariernya.

Beberapa program latihan sudah ia jalani bersama rekan setimnya  lewat berbagai simulasi. Baik itu dalam hal fisik maupun teknik. Yang menarik, latihan kali ini Ali Adrian harus menunggang sepeda motor di luar kebiasaannya selama ini yaitu melaju dengan pitbike 160cc di sirkuit gokart.

“Tidak ada yang khusus untuk menghadapi Brno,” ucap Ali Adriansyah. “Tapi kita melakukan persiapan yang berbeda dari sebelumnya, yaitu latihan memakai motor R3 di sirkuit karting dan pakai motor pitbike 160cc.”

Baca Juga :  Dua Pebalap Astra Honda Siap Lanjutkan Kejayaan Indonesia di Asia Talent Cup 2024

Melihat dari karakter Sirkuit Brno, Ali Adriansyah  mengaku akan fokus pada settingan motor. Dengan kontur perbukitan dimana sirkuit ini banyak tanjakan, membuat Brno agak berbeda dibanding sirkuit-sirkuit di seri sebelumnya. Fokus pada pencarian setting yang tepat tentu menjadi pilihan yang harus dilakukan.

Putaran kelima WSSP300 di Sirkuit Brno, Republik Ceko ini akan dimulai di hari Jumat 6 Juni diawali oleh dua sesi latihan bebas. Keesokan harinya akan ada sesi kualifikasi Superpole yang kemudian akan ditutup pada hari Minggu dengan balapan. Menurut rencana balap WSSP300 akan digelar pada hari Minggu 10 Juni pukul  14.20 waktu setempat atau pukul 19.20 WIB.(r/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News