Unit Selam UGM Ajari Pelajar di Karimunjawa Kelola Sampah

54

BALIPORTALNEWS.COM – Unit Selam UGM melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Karimunjawa bertajuk “Go Dive Go Clean”.

Selama tujuh hari, tanggal 27 April hingga 3 Mei 2018 tim selam UGM melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dan penelitian sebagai upaya konservasi lingkungan dan menumbuhkan kesadaran cinta lingkungan pada masyarakat setempat.

Ketua Selam UGM, Herdi Wira mengatakan dalam kegiatan tersebut diikuti sebanyak 18 anggota unit selam UGM. Mereka melakukan pengabdian dengan mengedukasi masyarakat tentang manajemen sampah.

“Kami menyampaikan sosialisasi pada pelajar SMP N I Karimunjawa terkait cara memilah sampah berdasar jenisnya,” jelasnya, Rabu (9/5/2018) di Kampus UGM.

Dalam kesempatan itu turut disampaikan konsep reduce, reuse dan recycle sebagai bentuk pengelolaan sampah yang dapat dilakukan. Melalui kegiatan tersebut diharapkan para siswa bisa mengelola sampah dengan baik.

Selain edukasi terkait pengelolaan sampah, Herdi menyebutkan bahwa selam UGM turut menyampaikan sosialisasi tentang upaya penyelamatan pertama saat di air. Apa saja yang harus dilakukan saat menyelamatkan diri maupun menolong orang lain saat di air dan bagaimana melakukan aktivitas yang aman di lingkungan perairan.

“Hal ini kami sampaikan mengingat para pelajar sejak kecil sudah terbiasa dengan lingkungan perairan agar dapat melakukan pertolongan dan melakukan aktivitas yang aman,” katanya.

Melalui kegiatan Go Dive Go Clean ini, tim selam UGM sekaligus melakukan pengambilan sampel untuk penelitian. Sampel yang diambil berupa pasir pantai pada zona pasang surut air laut di pantai Legon lele dan Ujung Gelam.

Pengambilan sampel dilakukan setiap 40 meter dan luas titik sampel 50×50 cm pada kedalaman 1 cm. Sampel pasir tersebut akan diteliti lebih mendalam untuk melihat kandungan mikroplastik didalamnya. (ika/humas-ugm/bpn)